Dari Postur Kekuasaan saat Ini, Wacana 3 Periode Bisa Saja Terealisasi!

Dari Postur Kekuasaan saat Ini, Wacana 3 Periode Bisa Saja Terealisasi! Kredit Foto: Antara/BPMI Setpres/Lukas

Pengamat Politik, Dedi Kurnia Syah angkat suara terkait kehadiran Komunitas Jokpro2024 yang menghendaki Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat selama tiga periode.

Seperti diketahui, Komunitas ini dipelopori oleh Timothy Ivan, Baron Danardono Wibowo, dan M Qodari demi menyuarakan keinginannya agar Jokowi maju bersama Menhan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

“Ide dan gerakan semacam itu menyakitkan reformasi,” ujar Dedi, Senin (21/6/2021).

Baca Juga: Skenario JokPro Usung Jokowi-Prabowo, Bu Mega Bisa Naik Darah...

Baca Juga: Asal Tahu Aja: 82 Persen Pendukung Prabowo Tolak Jokowi Nyapres Lagi!

Tidak hanya itu, menurut Dedi, gerakan tersebut juga memiliki kesan kekuasaan yang kental. “Mereka tidak memahami betapa kekuasaan yang terlalu lama akan mendekatkan negara pada otoritarianisme, dan itu tentu penyakit demokrasi,” kata Dedi.

Namun, Dedi juga menilai postur kekuasaan saat ini memungkinkan ide tersebut terealisasi. “Meskipun Presiden dari sisi kewenangan tidak punya kuasa menolak amendemen, tapi kewenangan itu milik parlemen,” ujarnya.

Kendati demikian menurut Dedi, amendemen sangat mungkin tidak terjadi apabila Presiden bersikeras menolak untuk maju memimpin Indonesia ke-3 kalinya.

“Presiden secara politik bisa menolak dan tidak menyetujui. Hal ini bisa jika benar memang Jokowi berkomitmen menolak,” pungkasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini