Kisah Orang Terkaya: Iskander Makhmudov, Mantan Penerjemah yang Jadi Konglomerat Tembaga

Kisah Orang Terkaya: Iskander Makhmudov, Mantan Penerjemah yang Jadi Konglomerat Tembaga Kredit Foto: Wikimedia/Pavel Kozionov

Pengusaha asal Rusia, Iskander Makhmudov telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Makhmudov adalah pemilik utama produsen tembaga UMMC, yang memiliki saham pengendali di lebih dari 300 perusahaan di sembilan wilayah Rusia.

Makhmudov adalah presiden Perusahaan Pertambangan dan Metalurgi Ural (UMMC). Ia juga pemegang saham di Transmashholding, pembuat lokomotif dan peralatan kereta api terbesar di Rusia.

Iskander Makhmudov lahir di Bukhara, Uzbekistan, pada 5 Desember 1963. Makhmudov lulus dari Tashkent State University dengan gelar dalam Studi Oriental. Ia merupakan seorang penerjemah dengan latar belakang pendidikan.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Savitri Jindal, Janda dari Konglomerat Baja Berharta Rp211 Triliun

Pada tahun 1986, militer AS menjalankan operasi yang disebut EI Dorado Canyon di Tripoli, Libya. Pasukan AS menjatuhkan 60 ton bom dan rudal di fasilitas militer Libya. Selama kampanye pengeboman, sejumlah spesialis pemerintah Soviet ditempatkan di Tripoli.

Mereka dibangunkan oleh suara kampanye pengeboman dan pergi ke balkon hotel untuk menonton. Iskander Makhmudov adalah salah satu dari orang-orang ini. Saat itu, tugasnya adalah melayani penerjemah bahasa Arab Persia.

Saat bekerja untuk berbagai organisasi militer Soviet di Irak dan Libya, Makhmudov dipercaya dalam posisi bisnis. Posisi bisnis pertamanya adalah dengan Trans World Group, yang pada waktu itu merupakan pedagang logam terbesar di Rusia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini