Kisah Perusahaan Raksasa: Caterpillar, Jawaranya Barang-barang Konstruksi dari Amerika

Kisah Perusahaan Raksasa: Caterpillar, Jawaranya Barang-barang Konstruksi dari Amerika Kredit Foto: Reuters

Caterpillar Inc adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang merancang, mengembangkan, merekasaya, memproduksi, memasarkan, dan menjual permesinan dan mesin. Perusahaan ini merupakan produsen peralatan konstruksi terbesar di dunia. 

Pada 2020, Caterpillar menempati peringkat ke-204 dalam daftar Fortune Global 500, dengan total pendapatan sebesar 53,80 miliar dolar AS. Sedangkan keuntungannya di tahun itu 6,09 miliar dolar AS berhasil dikantongi Caterpillar. 

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Bareng JP Morgan, Morgan Stanley Tumbuh Jadi Perbankan Top Dunia

Saham perusahaan ini merupakan salah satu komponen dari Dow Jones Industrial Average. Total aset perusahaan tahun 2020 sebesar 78,45 miliar dolar AS.

Berikut kisahnya dalam perusahaan raksasa seperti yang ditulis oleh Warta Ekonomi, Senin 2/6/2021).

Perusahaan ini memulai sejarahnya tahun 1925, ketika Holt Manufacturing Company bergabung dengan C.L. Best Tractor Company untuk membentuk Caterpillar Tractor Company yang berkantor pusat di California. 

Di AS akhir abad ke-19, keluarga Holt memproduksi roda gerobak dengan nama Stockton Wheel Company. Benjamin Holt, si pemilik ide, memecahkan masalah pemanen mekanis yang tidak dapat diandalkan karena membutuhkan waktu lama. Tahun 1886, perusahaan Holt menjual pemanen dengan roda gabungan pertamanya. 

Pada saat ini, traktor uap dengan cepat menyalip gerobak yang ditarik keledai. Benjamin Holt datang dengan sejumlah produk yang dipatenkan sekitar waktu ini.Yang paling menonjol dari ini adalah crawler pertama yang sukses secara komersial, yang menggunakan trek sayap yang dibaut ke rantai, bukan roda. Pada tahun 1904, ketika mesin itu diresmikan, itu dinamai "ulat". Itu untuk merevolusi industri pertanian.

Dibutuhkan lebih banyak ruang produksi, sehingga sebuah pabrik –bernama Holt Caterpillar Company dibuka di Peoria, Illinois, dan dikonsolidasikan menjadi Holt Manufacturing Company.

Ketika abad kedua puluh tiba, ada dua perusahaan yang mengkhususkan diri dalam teknologi traktor, yang telah beralih dari uap ke bensin. Selain Perusahaan Manufaktur Holt, ada C.L. Best Tractor Co, dimulai oleh Daniel Best.

Ketika para pesaing ini bergabung pada tahun 1925, Caterpillar Tractor Company secara resmi didirikan. Ini akan terbukti memainkan peran penting dalam semua yang menentukan abad ini –perang, pertumbuhan penduduk, ekspansi perkotaan, dan globalisasi.

Setiap dekade setelahnya, Caterpillar terus berinovasi dan berpartisipasi dalam konstruksi global, program militer, dan upaya kemanusiaan.

Pada tahun 1928, Caterpillar mengakuisisi Russell Grader Company, yang telah memproduksi Motor Patrol, grader self-propelled pertama, pada tahun 1920-an. Setahun setelahnya penjualan Caterpillar mencapai 52 juta dolar AS. Setelah keruntuhan dunia keuangan, Caterpillar beralih dari penjualan 45 juta dolar AS pada tahun 1930 menjadi 13 juta dolar AS pada tahun 1932, dan perusahaan mengalami kerugian setahun penuh pertama pada tahun terakhir, dengan total 1,6 juta dolar AS.

Selama Depresi Hebat, Traktor Enam Puluh Diesel diluncurkan. Dalam dekade ini, lini produk Caterpillar berkembang mencakup motor, blade, dan elevator grader, serta set generator listrik dan terasering.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini