Bennett dalam Rapat Kabinet Perdananya Terdengar Seperti Netanyahu 12 Tahun Lalu, Kok Bisa?

Bennett dalam Rapat Kabinet Perdananya Terdengar Seperti Netanyahu 12 Tahun Lalu, Kok Bisa? Kredit Foto: Instagram/Naftali Bennett

Dalam rapat kabinet pertamanya untuk pemerintahan baru, Perdana Menteri Naftali Bennett berbicara tentang Iran dan persatuan, dan bukan tentang haredi. Ini lantas terdengar hampir persis seperti Benjamin Netanyahu.

“Pada awal rapat kabinet pertama pemerintahan baru, saya ingin menekankan tiga hal yang akan membimbing kita: persatuan, tanggung jawab, dan kerja,” kata perdana menteri baru saat memimpin rapat kabinet pertamanya, dikutip dari Jerusalem Post, Senin (21/6/2021).

Baca Juga: Bennett Lemparkan Peringatan Keras ke Hamas: Kesabaran Israel Telah Habis!

“Pemerintah ini adalah pemerintah persatuan sejati. Itu didirikan dari rasa tanggung jawab yang berat untuk menangani keamanan mendesak, tantangan ekonomi dan sosial yang dihadapi Israel, dan untuk alasan itu, kami mulai bekerja,” lanjutnya.

Perdana Menteri Naftali Bennett pada awal pertemuan kabinet pertamanya pada hari Minggu? Tidak, kata-kata itu diucapkan oleh Benjamin Netanyahu ketika dia memimpin rapat kabinet pertamanya setelah kembali ke kursi perdana menteri pada tahun 2009 setelah absen selama satu dekade.

Apa yang begitu mencolok tentang kata-kata Netanyahu pada pertemuan kabinet pertama pemerintah ke-32 adalah betapa miripnya dengan komentar pembukaan Bennett pada Minggu (20/6/2021) dengan pemerintah ke-36 negara itu.

“Kami sedang berlangsung. Setiap menteri sudah mulai bekerja,” kata Bennett, duduk di kursi perdana menteri di kepala meja kabinet pada Minggu, pertama kalinya seorang perdana menteri selain Netanyahu memimpin diskusi kabinet dalam lebih dari 12 tahun.

“Karena karakter pemerintah dan jajaran anggotanya, kunci keberhasilan kami adalah kepercayaan, saling percaya; dan cara untuk meningkatkan kepercayaan adalah ketika ada kesalahpahaman, cukup angkat telepon dan saling menelepon dan selesaikan masalah dengan tenang, tanpa drama. Kami datang ke sini untuk melayani rakyat. Semua menteri berbagi pemahaman ini: Kami bukan bos warga Israel; kami bekerja untuk warga Israel,” kata Bennett.

Tema pertemuan pertama Bennett sama dengan tema pertemuan pertama Netanyahu pada 2009: persatuan, tanggung jawab, dan mulai bekerja. Bagaimana pepatah lama itu berjalan? "Semakin banyak hal berubah, semakin mereka tetap sama."

Tema umum lainnya adalah Iran. Meskipun Iran tidak membintangi komentar yang dibuat Netanyahu dalam rapat kabinet pertamanya pada tahun 2009, itu muncul dalam rapat kabinet kedua –yang berlangsung pada malam Hari Peringatan Holocaust– di mana ia menyinggung presiden Iran pada saat itu Mahmoud Ahmadinejad, dan mengatakan itu memalukan bahwa Swiss telah mengundangnya untuk menghadiri konferensi PBB tentang rasisme di Jenewa.

“Enam juta saudara kita dibantai selama Holocaust. Sayangnya, tidak semua dari kita belajar pelajaran. Pada saat yang sama kita akan bersatu dengan ingatan mereka, sebuah konferensi yang diduga menentang rasisme akan diadakan di Swiss. Tamu kehormatannya adalah penyangkal Holocaust rasis [Ahmadinejad] yang tidak menyembunyikan niatnya untuk menghapus Israel dari peta,” kata Netanyahu. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini