Jenderal Pengkudeta Myanmar Mampir di Rusia buat Hadiri Konferensi, Soal Apa?

Jenderal Pengkudeta Myanmar Mampir di Rusia buat Hadiri Konferensi, Soal Apa? Kredit Foto: Antara/Biro Pers/Rusan

Pemimpin junta Myanmar Min Aung Hlaing menghadiri konferensi di Moskow. Media pemerintah melaporkan pada Minggu (21/6/2021), itu merupakan perjalanan kedua Min Aung Hlaing ke luar negeri sejak merebut kekuasaan pada Februari.

MRTV melaporkan, Min Aung Hlaing akan menghadiri Konferensi Keamanan Internasional di Moskow, yang dijadwalkan pada 22-24 Juni. Sejak mengambil alih kekuasaan, ia melakukan perjalanan ke luar negeri pertama untuk menghadiri KTT regional yang diselenggarakan oleh Indonesia pada bulan April.  

Baca Juga: Berkhianat, Bekas Kepala Vaksinasi Covid-19 Myanmar Didakwa dengan Tuntutan Tingkat Tinggi

Militer menggulingkan pemerintah sipil yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi pafa 1 Februari. Militer menuding partai Suu Kyi telah melakukan kecurangan dalam pemilu pada November lalu.

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Jumat menyerukan penghentian aliran senjata ke Myanmar. Mereka juga mendesak militer untuk menghormati hasil pemilu dan membebaskan tahanan politik, termasuk Suu Kyi. 

Pada Sabtu (19/6/2021), Kementerian Luar Negeri Myanmar merilis pernyataan yang menolak resolusi PBB dengan menyebut bahwa tuduhan itu berdasarkan asumsi yang salah.

Pernyataan itu juga mempertanyakan legitimasi duta besar Myanmar untuk PBB Kyaw Moe Tun, yang telah berbicara atas nama pemerintah sipil terpilih di negara itu.  

Persidangan Suu Kyi dilanjutkan pada Senin (21/6/2021).  Dia menghadapi berbagai tuduhan mulai dari kepemilikan radio hingga melanggar undang-undang kerahasiaan dan korupsi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini