Pesan UAH ke Alumni Jatti: Upayakan Atasi Masalah Umat Kekinian, Seperti Isu Haji...

Pesan UAH ke Alumni Jatti: Upayakan Atasi Masalah Umat Kekinian, Seperti Isu Haji... Kredit Foto: YouTube/Adi Hidayat

Ustad Adi Hidayat (UAH) hadir dalam acara Halal Bi Halal virtual Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia (Jatti) pada Sabtu, (19/6/2021). Dalam acara tersebut, UAH menyarankan Jatti mengatasi masalah umat yang kekinian.

Dia memaparkan, ada empat jenis klasifikasi umat saat ini, yaitu umat yang berpikir, umat yang salah berpikir, umat yang tidak berpikir, dan umat yang menjadi pikiran. UAH memasukkan Jatti ke dalam golongan umat yang berpikir.

Baca Juga: Rektor Ini Lantang Teriakkan Bela Ulama yang Lurus, Seperti Ustad Somad dan UAH, Kalau Tidak..

"Sebagai kaum yang berakal dan bisa beranalisis, sebaiknya Jatti spesifik melakukan rencana strategis ke depannya dengan menghadirkan database para alumni Timur Tengah yang memiliki spesialisasi di bidang masing-masing," ungkap UAH.

UAH ingin Jatti bisa memiliki suatu divisi dari berbagai bidang seperti ahli fiqh, ahli hadist, ahli tafsir, dsb. Dengan begitu, Jatti bisa menghadirkan diskusi-diskusi strategis yang dapat menjawab permasalahan umat kekinian.

Ketika mencontohkan permasalahan umat kekinian, UAH menyinggung soal isu haji dan wawasan kebangsaan yang sempat ramai diperbincangkan belakangan ini.

"Bagaimana Jatti bisa hadir di tengah isu haji yang marak diperbincangkan di situasi pandemi, bisa hadir dalam situasi kebangsaan di tengah tes wawasan kebangsaan yang marak didiskusikan," tuturnya.

Harapannya, Jatti bisa hadir mengatasi problem keumatan yang bisa menghimpun seluruh alumni Timur Tengah hingga bisa menghimpun jawaban keumatan.

"Jatti bisa menjadi strategi sangat penting jika diawali dengan mengumpulkan seluruh potensi alumni kemudian memetakan dalam database terkait sehingga bisa menjawab problematika umat," jelasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini