Hingga Maret, SCNP Berhasil Ekspor 40 Ribu Unit Vacuum Cleaner ke Amerika Serikat

Hingga Maret, SCNP Berhasil Ekspor 40 Ribu Unit Vacuum Cleaner ke Amerika Serikat Kredit Foto: Selaras Citra Nusantara Perkasa

PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) menyatakan bahwa bila pada Februari 2021 perusahaan telah berhasil memproduksi dan mengekspor sebanyak 25,896 unit vacuum cleaner ke Amerika Serikat. Nah, kemudian kembali meningkat signifikan di bulan Maret 2021 menjadi 40 ribu unit.

Vacuum Cleaner tersebut merupakan hasil kerja sama SCNP bersama dengan raksasa elektronik dari China Guangdong Xinbao (Donlim) dengan membentuk perusahaan joint venture (JV) berskema penanaman modal asing (PMA) dengan nama PT Selaras Donlim Indonesia (SDI), yang menjadi subsidiari SCNP dan menjadi Perusahaan OEM pertama di Indonesia yang bekerjasama dengan Donlim. Keduanya meemproduksi vacuum cleaner dengan merek Bissell. 

Hingga akhir tahun 2021, perseroan telah mempersiapkan infrastruktur manufaktur dengan membangun sejumlah assembly line production yang akan dioptimalkan penggunaannya dalam rangka mass production vacuum cleaner sebanyak 2,2 juta unit setara dengan Rp800 miliar.

Baca Juga: Tingkatkan Kinerja, SCNP Bakal Gencarkan Penjualan Alat Kesehatan

“Nilai ekspor sebesar ini tentunya akan berdampak positif bagi devisa negara. Sementara untuk jangka menengah, target volume produksi dan ekspor perseroan adalah sebesar 2-3 juta unit per tahun,” kata Public Relation SCNP, Ayu Aprilia dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (21/6/2021).

Ia menuturkan bahwa dalam perencanaan bisnis hingga 2025, SCNP menetapkan target nilai omzet perseroan secara progresif. “Selain kontribusi devisa, perseroan juga akan berkontribusi bagi pasar tenaga kerja domestik dengan membuka lapangan pekerjaan bagi sejumlah 600 orang tenaga kerja lokal,” tambahnya.

Bissel adalah penyedot debu dan peralatan perawatan lantai asal Amerika Serikat yang di produksi di Indonesia. Bissel menempati posisi ketiga dipasar Amerika. Bissel juga dirancang untuk membuat pekerjaan cepat seluruh ruangan dan area yang lebih besar.Kami menawarkan kemampuan pembersihan multi-permukaan, vakum hewan peliharaan, vakum tanpa kantong dan kantong, dan opsi Lift-Off 2-in-1. Mesin penyedot debu yang tepat untuk keluarga anda.

Baca Juga: Luncurkan Dua Produk Baru Lewat Anak Usahanya TED, SCNP Langsung Gas Penjualan

Sebagai informasi, pada awal terbentuknya SDI, objektif utama perseroan adalah memenuhi permintaan vacuum cleaner yang signifikan dari pasar USA. USA merupakan negara tujuan ekspor utama Indonesia.

Perkembangan Ekonomi USA sangat menentukan nilai ekspor Indonesia ke USA. Secara umum setiap 1% peningkatan total ekspor USA, terjadi peningkatan 0.7% total ekspor Indonesia ke negara tujuan USA. Artinya jika pasar USA berkembang, maka figur ekspor RI juga akan meningkat.

SCNP sangat memahami signifikansi kontribusi ekspor bagi devisa negara dan pertumbuhan ekonomi nasional. Secara global, market size vacuum cleaner tahun 2021 adalah sebesarRp161 triliun. Dari nilai tersebut, pasar USA sendiri untuk vacuum cleaner adalah Rp70 triliun, atau 43,5% pangsa pasar.

Sepanjang 2020 hingga awal kuartal 2021, perseroan melakukan pengembangan infrastruktur dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi perseroan dan subsidiari, termasuk ekspor untuk memenuhi tuntutan permintaan pasar perangkat home appliances tersebut ke USA.

Perseroan gencar melakukan terobosan baik dari sisi market supply maupun dari sisi demand. Ekspor ke USA merupakan kontribusi nyata bagi perekonomian Indonesia dengan menambah devisa bagi negara. Pengembangan infrastruktur dan peningkatan volume ekspor vacuum cleaner semasa Pandemi COVID-19 telah menarik perhatian Pemerintah terhadap SCNP. Dalam beberapa sesi pertemuan formal dengan Pemerintah, SCNP telah memperoleh apresiasi oleh karena tetap produktif dan kontributif walau perekonomian sedang resesi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini