Hengkang ke Nasdem, Pengamat: Kalau Mau Jujur Sutiyoso Tampaknya Sudah Berakhir

Hengkang ke Nasdem, Pengamat: Kalau Mau Jujur Sutiyoso Tampaknya Sudah Berakhir Kredit Foto: Istimewa

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Letjen (Purn) Sutiyoso resmi bergabung dengan Partai NasDem.

Menanggapi hal itu, pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai masuknya pria dengan panggilan kondang Bang Yos itu bakal menambah amunisi untuk NasDem menghadapi Pemilu 2024.

Pasalnya, Bang Yos pernah memimpin DKI Jakarta selama dua periode sehingga dinilai memahami persoalan ibu kota termasuk profil masyarakatnya.

"Tentu dia juga sudah memahami peta politik Indonesia," kata Jamiluddin dikutip dari JPNN.com, Senin (21/6).

Namun, kata dia, saat memimpin PKPI, Bang Yos tidak pernah berhasil mengirimkan kadernya duduk di Senayan. Ia menilai Sutiyoso bukan sosok yang mumpuni mengelola partai. Menurut dia, Bang Yos termasuk pemimpin partai yang bukan bertangan dingin.

Oleh karena itu, masuknya Sutiyoso ke NasDem tampaknya tidak banyak yang bisa diharapkan, apalagi kalau mengharapkan dapat membesarkan Nasdem.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini