Kisah Orang Terkaya: Israel Englander, Pialang Investor yang Jadi Miliarder Dunia

Kisah Orang Terkaya: Israel Englander, Pialang Investor yang Jadi Miliarder Dunia Kredit Foto: Reuters/Phil McCarten

Investor asal Amerika, Israel Englander telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Pria kelahiran 1948 ini mendirikan hedge fund-nya, Millennium Management dengan Ronald Shear. Orang tuanya bermigrasi dari Polandia dan tiba di AS pada tahun 1947 setelah Perang Dunia Kedua.

Israel Englander lahir pada tahun 1948 dan dibesarkan dalam keluarga Yahudi di zona Crown Heights di Brooklyn. Dia dibesarkan di rumah religius dan bergabung dengan yeshiva. Sejak mengenal saham di sekolah menangah, Englander mulai berdagang saham.

Selama kuliah, dia telah melakukan pekerjaan di Oppenheimer & Co. di mana calon iparnya, Jack Nash saat itu segera menjadi presiden dan ketua dan di New York Stock Interchange. Pada tahun 1970, ia lulus dari Universitas New York di bidang keuangan.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Iskander Makhmudov, Mantan Penerjemah yang Jadi Konglomerat Tembaga

Setelah lulus kuliah, ia bekerja penuh waktu di firma Wall Street Kaufmann, Alsberg, and Co. Kemudian, dia mendaftar di program MBA Universitas New York di malam hari tetapi tidak menyelesaikan gelarnya.

Di Kaufmann Alsberg, Englander berfokus pada perdagangan sekuritas dan opsi yang dapat dikonversi. Ketika American Stock Exchange mulai membuat daftar opsi, dia membeli kursi di bursa. Pada tahun 1977, ia membentuk rumah pialang lantai, I.A. Inggris & Co.

Pada tahun 1985, Englander dan rekannya John Mulheren Jr., memulai sebuah perusahaan investasi bernama Jamie Securities Co. dengan investasi USD75 juta dari keluarga Belzberg di Kanada. Mulheren sebelumnya bekerja sebagai pedagang untuk Ivan Boesky.

Pada tahun 1989, Englander memulai Millennium Management dengan Ronald Shear, yang dia kenal dari waktunya di American Stock Exchange, dengan USD35 juta dalam bentuk uang awal. Perusahaan memulai dengan awal yang sulit dan Shear pergi pada tahun 1990.

Sejak itu, Englander telah menumbuhkan Milenium menjadi perusahaan senilai USD39,2 miliar (Rp565 triliun) dengan menggunakan beragam strategi investasi. Pada waktu tertentu, Milenium memegang ribuan posisi investasi dan menghasilkan lebih dari 2 juta perdagangan pada hari rata-rata. Pada akhir tahun 2019, Millennium memiliki 2.900 karyawan di lebih dari 12 kantor di Amerika Serikat, Eropa dan Asia. Hari ini kekayaan bersih Israel Englander mencapai USD9,6 miliar (Rp138 triliun).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini