Perdana Bicara, Eh Pemimpin Baru Iran Spontan Kumandangkan Tolak Temui Biden

Perdana Bicara, Eh Pemimpin Baru Iran Spontan Kumandangkan Tolak Temui Biden Kredit Foto: CNN

Presiden terpilih Iran Ebrahim Raisi menolak bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Presiden Raisi yang diketahui dari kubu garis keras itu bahkan mengatakan dia tak perlu bertemu dengan Biden sekalipun mereka kembali pada klausul Kesepakatan Nuklir 2005 yang mana AS sempat hengkang dari dalamnya masa Presiden AS Donald Trump.

Diketahui sesuai Kesepakatan Nuklir 2005, Iran bersedia menghentikan pengayaan uraniumnya untuk kepentingan nuklir dengan barter akan dicabut sanksi oleh AS.

Baca Juga: Pentolan Hizbullah Ucapkan Ini ke Sosok Baru Iran: Anda Tameng Lawan Israel...

Hal itu disampaikan Raisi dalam konferensi pers resmi pertamanya setelah terpilih sebagai Presiden Iran dan pemilu yang berlangsung pekan lalu. Namun sebagian pihak menilai pemilu Iran kali ini sangat tidak kompetitif sebagaimana dilansir laman CNN Amerika.

Raisi akan menjadi Presiden ke-8 Republik Iran setelah dia akan menerima tampuk kepemimpinan dari Presiden Hassan Rouhani. Diketahui Rouhani sendiri sebelumnya berusaha mengkomunikasikan soal Kesepakatan Nuklir Iran ini dalam pertemuan Wina dengan AS.

Namun Raisi sendiri dalam penampilan perdananya bersikeras bahwa dia tidak akan mau bertemu Joe Biden bahkan meminimalisir pengayaan uranium. Yang harus dilakukan pertama kali kata dia adalah Amerika Serikat mencabut semua sanksi yang dijatuhkan kepada Iran selama ini.

"Sampai saat ini terbukti tekanan maksimum yang mereka jatuhkan kepada kami tak berguna. AS harus mengubah cara beprikir mereka dan kembalilah logis. Rakyat kami sudah menunjukkan bisa tegak berdiri meski ditekan," kata Ebrahim Raisi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini