Begini Skema Pembagian 55 Juta Dosis Vaksin yang Dikirim Cuma-cuma oleh Amerika

Begini Skema Pembagian 55 Juta Dosis Vaksin yang Dikirim Cuma-cuma oleh Amerika Kredit Foto: Antara/Muhammad Iqbal

Gedung Putih pada Senin (21/6/2021) memaparkan rencana pembagian global 55 juta dosis vaksin COVID-19 Amerika Serikat, dengan sekitar 75 persen dosis dialokasikan untuk Amerika Latin dan Karibia, Asia serta Afrika melalui program berbagi vaksin internasional COVAX.

Rencana tersebut memenuhi komitmen Presiden Joe Biden untuk membagikan 80 juta dosis vaksin buatan AS ke negara-negara di seluruh dunia. Presiden membuat bagan prioritasnya untuk 25 juta dosis pertama dari yang ia janjikan awal Juni ini.

Baca Juga: Alhamdulillah! 1,39 Juta Dosis Vaksin dari Covax Facility Tiba di Indonesia

Dari 55 juta dosis yang tersisa, sekitar 41 juta dosis akan dibagikan melalui COVAX, menurut Gedung Putih, dengan sekitar 14 juta dosis dikirimkan ke Amerika Latin dan Karibia, sekitar 16 juta untuk Asia, dan sekitar 10 juta dosis untuk Afrika.

Sebanyak 25 persen lainnya, atau sekitar 14 juta dosis, akan didistribusikan ke "wilayah prioritas", seperti Kolombia, Argentina, Irak, Ukraina, Tepi Barat dan juga Gaza. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini