Paripurna HUT DKI Jakarta, Anies Kena Sentil Agar Fokus Tangani Ibukota: Cita-cita Nyapres, Tapi...

Paripurna HUT DKI Jakarta, Anies Kena Sentil Agar Fokus Tangani Ibukota: Cita-cita Nyapres, Tapi... Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyentil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan agar lebih fokus dalam menyelesaikan berbagai masalah di Ibu Kota. Salah satunya adalah penanganan pandemi Covid-19.

Prasetyo menyampaikan sindirian itu lewat sebuah pantun saat akan menutup Rapat Paripurna peringatan HUT ke-494 DKI Jakarta di Gedung DPRD, Selasa (22/6). "Beli baja di Pantai Carita, buat rehab rumah tua. Boleh saja punya cita-cita, tapi selesaikan dulu masalah Jakarta," kata Prasetyo.

Baca Juga: Ini Partai yang Dukung Mas Anies Lockdown Ibu Kota Jakarta: Harus Berani Mas!

Pras, sapaan akrabnya, menjelaskan, makna pantunnya itu adalah untuk mengingatkan Anies Baswedan agar berkonsentrasi terhadap permasalahan yang ada di Jakarta, seperti penanganan pandemi Covid-19 yang saat ini telah ditemukan adanya varian baru dari virus tersebut. Sebab, menurut dia, peran pemerintah daerah sangat penting dalam memutus mata rantai penularan virus corona. 

"Kalau enggak pemerintah daerah ada di tengah-tengah masyarakat, masyarakat juga enggak mengerti bagaimana sih orang terpapar covid," ujar Pras.

Pras menuturkan, saat ini, sebagian besar masyarakat di lingkungan mal dan perkantoran sudah cukup sadar untuk menggunakan masker sebagai bentuk pencegahan penularan virus corona. Tetapi, ungkap dia, warga yang berada di permukiman padat penduduk justru belum menyadari hal tersebut dan perlu diedukasi mengenai bahaya Covid-19. 

"Sekarang di mal, perkantoran orang sudah sadar 95 persen pakai masker. Tapi di pinggir-pinggir, daerah-daerah padat kan banyak, Tambora, Tanah Tinggi, Johar, pelabuhan-pelabuhan, itu kan orang juga harus diingatkan," tutur dia.

Selain itu, dalam pantun tersebut, Pras juga menyinggung mengenai cita-cita Anies. Ia mengatakan, arti cita-cita itu terkait perihal rencana pencalonan Anies dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Menurut Pras, sah saja jika Anies ingin mencalonkan diri dalam Pilpres tersebut. Namun, dia menekankan, pentingnya Anies untuk terlebih dahulu menuntaskan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

"Cita-citanya kan dia mau jadi capres 2024, ya sah-sah saja kan saya bilang. Tapi beresin dong masalah di Jakarta dulu. Itu yang saya sedikit menyinggung gubernur," jelasnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini