Asyik! Orang-orang di Italia Sebentar Lagi Bisa Keluar Ruangan Tanpa Masker Setelah...

Asyik! Orang-orang di Italia Sebentar Lagi Bisa Keluar Ruangan Tanpa Masker Setelah... Kredit Foto: Reuters/Nicholas Pfosi

Italia akan menghapuskan peraturan yang mengharuskan orang-orang memakai masker di luar ruangan mulai 28 Juni, sebagaimana dikatakan pemerintah pada Senin 21 Juni 2021 malam waktu setempat, kala jumlah kasus COVID-19 dan angka perawatan di rumah sakit menurun.

Penggunaan masker wajib diberlakukan pada Oktober tahun lalu, saat negara tersebut memasuki gelombang kedua pandemi, dan otoritas kesulitan untuk menekan infeksi yang melonjak.

Baca Juga: Masyarakat Diimbau Tetap Disiplin dalam Menerapkan Protokol Kesehatan, Khususnya Penggunaan Masker

Pemerintahan Mario Draghi telah secara stabil melakukan relaksasi pembatasan sejak bulan April lalu, membuka aktivitas di tempat-tempat seperti restoran, bar, bioskop, dan pusat kebugaran, dan mengizinkan pergerakan bebas di kawasan negara itu.

Pemakaian masker merupakan salah satu peraturan terakhir yang tetap berlaku, dan akan tetap diberlakukan di area-area publik dalam ruangan.

Keputusan tersebut akan efektif mulai Senin depan saat seluruh negara diperkirakan akan berstatus zona putih COVID-19 mengindikasikan level risiko terendah di sistem kode warna empat tingkat Italia untuk mengalibrasi upaya penekanan di 20 kawasan yang ada.

Sebanyak 19 dari 20 kawasan telah berstatus putih, kecuali area utara kecil di Valle d'Aosta yang berstatus kuning, mengindikasikan level risiko terendah kedua.

"Mulai 28 Juni kita akan meninggalkan penggunaan masker di luar ruangan di zona-zona putih," kata Menteri Kesehatan Roberto Speranza melalui unggahan di Facebook usai menerima saran dari dewan ahli pemerintah.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini