Kisah Orang Terkaya: Jim Pattison, Kakek 93 Tahun Berharta Rp143 Triliun

Kisah Orang Terkaya: Jim Pattison, Kakek 93 Tahun Berharta Rp143 Triliun Kredit Foto: BEN NELMS/BLOOMBERG FILES

Konglomerat asal Kanada, Jim Pattison telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Forbes memperkirakan, harta kekayaan bersihnya mencapai lebih dari USD9,9 miliar (Rp143 triliun). Dia adalah pendiri dan pemilik tunggal Jim Pattison Group, salah satu perusahaan swasta terbesar di Kanada.

Pemilik nama lengkap James Allen Pattison ini lahir di kota pedesaan Luseland, Saskatchewan pada 1 Oktober 1928, hari ini usianya menginjak 93 tahun. Dia pindah bersama orang tuanya ke Vancouver, British Columbia pada tahun 1935.

Saat kecil, dia menjual langganan majalah dan bibit kebun dari pintu ke pintu. Selain itu, berbagai pekerjaan juga ia coba mulai dari mengantarkan koran, menjual donat, bekerja sebagai page boy di Georgia Hotel, dll.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Charles Ergen, Mantan Pejudi yang Ciptakan Parabola TV Satelit

Dia juga mencuci mobil dan bekerja di tempat parkir mobil bekas dan bekerja sebagai pengepakan rumah hingga  kemudian sebagai petugas mobil di sebuah perusahaan mobil bernama Canadian Pacific Railway.

Saat bekerja di sana, dia menemukan minat untuk menjual mobil. Lalu, dia pun berhasil masuk ke University of British Columbia dengan uang yang diperolehnya sebagai salesman mobil tetapi dia drop out dan gagal mendapatkan gelar bisnisnya. Pada tahun 1961, ia bergabung dengan dealer Local General Motors dan membuka dealer Pontiac di dekat sekolahnya, dan segera berubah menjadi Grup Jim Pattison.

Berawal dari dealer tunggal, dealer itu berkembang menjadi 13 dealer di barat daya British Columbia dari waktu ke waktu. Pada tahun 1965, Pattison mengakuisisi CJOR-AM Vancouver, stasiun radio pertama dari 20 stasiun radio yang nantinya ia miliki dan memulai diversifikasi bisnis Pattison yang luas.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini