Bank Sentral Israel Diam-Diam Uji Coba Mata Uang Digital Berbasis Ethereum

Bank Sentral Israel Diam-Diam Uji Coba Mata Uang Digital Berbasis Ethereum Kredit Foto: Warta Ekonomi

Bank sentral Israel diduga telah menyelesaikan uji coba–di bawah radar–untuk mata uang digital bank sentral (CBDC) menggunakan teknologi Ethereum. Klaim itu dibuat oleh situs berita keuangan Israel Globes dan kemudian dilaporkan oleh BNN Bloomberg.

Dilansir dari Cointelegraph (24/6/2021), laporan tersebut mengatakan bahwa Bank of Israel (BOI) menyelesaikan uji cobanya dalam lingkungan eksperimental tertutup berdasarkan arsitektur Ethereum, yang melibatkan penerbitan uji coba token yang mewakili syikal digital dan transfernya di antara dompet digital.

Baca Juga: Bank Sentral Israel Sebut Uji Coba CBDC Sedang Berlangsung

Dari uji cobanya, BOI berhasil menguji kemampuannya untuk memprogram transfer sertifikat kepemilikan mobil menggunakan token digital nonfungible (NFT) dan menyelesaikan transaksi dengan pembayaran NFT dilakukan sebagai syarat transfer sertifikat dan sebaliknya. Transaksi itu seketika tanpa risiko atau kebutuhan akan perantara pusat atau wali amanat.

Aplikasi ini, kata laporan itu, hanya mewakili satu contoh yang mungkin dari penyedia layanan pembayaran, yang bertugas menyediakan dompet digital untuk publik, dapat dibangun. BOI dilaporkan telah meminta pelaku industri untuk mengusulkan berbagai aplikasi pintar yang secara prospektif dapat dibangun di atas infrastruktur syikal digital masa depan.

Globes, bagaimanapun, berpendapat bahwa secara umum, bank sentral belum terbuka tentang penelitian CBDC eksperimental saat ini. Seperti dilansir Cointelegraph, wakil gubernur BOI hanya mengungkapkan bahwa uji coba awal CBDC sebenarnya sudah dilakukan selama diskusi yang diadakan di Forum Nilai Wajar di Herzeliya IDC awal bulan ini.

Globes mencirikan konsesi deputi gubernur sebagai akibat dari "didorong ke sudut" dan mengkritik bank sentral karena tidak menjangkau industri lokal secara memadai ketika mulai menyelidiki masalah CBDC yang sangat kompleks.

BOI, bagaimanapun, menerbitkan laporan mendalam bulan lalu yang menguraikan analisis dan pemeriksaannya terhadap berbagai alternatif dan model untuk CBDC prospektif, sambil menekankan bahwa dokumen dan rancangan model CBDC yang diusulkan hanya dimaksudkan sebagai dasar untuk diskusi, bukan sebagai cetak biru.

"Draf ini tidak mewakili keputusan Bank of Israel mengenai karakteristik syikal digital, jika dikeluarkan. Model draf membentuk dasar untuk diskusi dan pemeriksaan alternatif oleh tim kerja yang menangani masalah di Bank Israel, dan, setelah penerbitan dokumen ini, juga akan berfungsi sebagai dasar untuk diskusi dalam komunitas profesional di Israel tentang karakteristik yang diperlukan untuk syikal digital."

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini