Dukung Peningkatan SDM untuk Akselerasi Digital, Niagahoster Gandeng HHI Bangun Sekolah di NTT

Dukung Peningkatan SDM untuk Akselerasi Digital, Niagahoster Gandeng HHI Bangun Sekolah di NTT Kredit Foto: Unsplash/Carlos Muza

Dalam proses transformasi digital, Niagahoster menyadari pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu aspek penting yang perlu ditingkatkan.

Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan mendorong akses edukasi secara digital maupun non-digital terhadap berbagai lapisan masyarakat. Namun, masih banyak daerah di Indonesia yang belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang akses pendidikan.

Baca Juga: Masih Banyak Skeptis Tentang Cloud, FDS: Perlu Bantuan dari Regulator

"Kami sadar masih banyak daerah yang belum menikmati inklusivitas yang kita punya sekarang. Niagahoster ingin membagikan manfaat, tidak hanya bagi mereka yang sudah melek secara teknologi (saja), tetapi juga untuk seluruh masyarakat," ujar Head of Brand & Market Development Niagahoster Ayunda Zikrina secara virtual, Kamis (24/6/2021).

Untuk mencapai masyarakat digital yang adaptif, diperlukan adanya pembangunan sarana pendidikan yang dapat menunjang SDM, khususnya di wilayah remote dan perbatasan yang masih memiliki keterbatasan dalam menuntut ilmu.

Oleh sebab itu, Niagahoster dan Hostinger bekerja sama dengan Happy Hearts Indonesia (HHI) menjalankan proyek Corporate Social Responsibility (CSR) berupa renovasi terhadap SMP Wali Ate, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Bangunan sekolah masih menjadi sarana utama menuntut ilmu di daerah-daerah remote Indonesia. Terlebih di masa pandemi, bangunan sekolah yang aman, bersih, dan menunjang protokol kesehatan sangat diperlukan. Untuk itulah renovasi sekolah ini menjadi prioritas kami," terang Ayunda.

Dalam melaksanakan proyeknya, HHI juga melibatkan warga lokal serta menggunakan material lokal sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat Wali Ate.

Melalui proyek renovasi SMP Wali Ate yang lebih layak, harapannya para guru dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar dan mengajar dengan lebih produktif dan aman.

Lebih lanjut Ayunda mengungkapkan, renovasi sekolah ini merupakah manifestasi dari misi Niagahoster dan Hostinger yang ingin memberikan fasilitas dan alat untuk belajar, berkarya, dan berkembang.

Kedepannya Niagahoster dan Hostinger akan bekerja sama menyeimbangkan proses belajar mengajar secara langsung maupun dengan media teknologi.

"Saat ini fokus kami masih untuk merenovasi bangunan sekolah. Kedepannya, kami akan mulai dari memberikan pelatihan sederhana tentang literasi digital, kemudian kami akan supply kebutuhan elektronik seperti laptop dan komputer," tambah Ayunda.

Sampai sejauh ini, Niagahoster telah menyediakan media pembelajaran daring seperti e-book, blog, video tutorial Youtube, Niagahoster Course, dan development programs yang telah diikuti lebih dari 10 ribu partisipan.

Langkah-langkah yang dilakukan Niagahoster ini diharapkan dapat menjadi awal peningkatan mutu pendidikan Indonesia, terutama bagi wilayah remote.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini