Luar Biasa! Selain Banyak Manfaat, Porang Juga Bisa Tumpangsari dengan Kelapa Sawit!

Luar Biasa! Selain Banyak Manfaat, Porang Juga Bisa Tumpangsari dengan Kelapa Sawit! Kredit Foto: Antara/Adeng Bustomi

Peneliti dan Pemerhati Bidang Pertanian, Dr. Agus Susanto mengungkap Presiden Joko Widodo telah menyambut porang sebagai komoditi dari Indonesia. Ia juga menilai porang memiliki banyak manfaat, selain untuk tubuh manusia juga untuk perekonomian bangsa.

Banyak orang melihat porang sama dengan iles-iles, padahal sangat berbeda. Sementara itu, yang diolah dari tanaman porang adalah umbinya. Selain itu, yang membedakan dari porang, iles-iles, walur dan suweg adalah porang memiliki glukomanan serta serat batang yang berwarna hijau terang dengan bercak putih memanjang ke atas.

Baca Juga: Budidaya Porang Makin Banyak, Hey Petani Porang, Tolong Jangan Naikkan Harga Terlalu Ekstrem!

Lalu, dalam webinar "Prospek pengembangan tanaman Kelapa Sawit dan Porang dengan pola tumpang sari”,  adapun kandungan utama porang yaitu kaya serat sehingga cocok untuk diet, menurunkan kolesterol dan gula darah, mencegah kanker dan mengatasi sembelit, batang semu porang dapat mengobati vertigo, selain itu juga menjadi bahan baku lem ramah lingkungan dan bahan campuran kertas yang kuat dan tahan lama.

Tak sampai disitu, kehebatan porang juga dapat membuat perekat kapsul obat, membuat bahan waterproff, pengental es krim, bahan pembuat mie shirataki, isolator listrik, penjernih air hingga pengganti agar-agar.

Ada beberapa siklus pertumbuhan porang, yaitu pertama siklus vegetatif dan siklus generatif. Siklus vegetatif  terjadi  apabila umbi menghasilkan tangkai dan lamina, sedangkan silus generatif terjadi apabila umbi menghasilkan bunga, buah, dan biji.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini