Alhamdulillah, Pertumbuhan Ekonomi Sumut Mulai Membaik

Alhamdulillah, Pertumbuhan Ekonomi Sumut Mulai Membaik Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Pertumbuhan ekonomi Sumut pada triwulan I-2021 tercatat -1,85% (yoy), lebih baik dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar -2,94% (yoy). Realisasi ini sejalan dengan peningkatan ekonomi nasional yang sebesar -0,74% (yoy) dan Sumatera sebesar -0,86% (yoy).

Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Wilayah Sumatera Utara, Sorkowardoyo mengatakan perbaikan pertumbuhan ekonomi itu dapat diketahui dari sisi permintaan. Di mana, perbaikan terutama dari ekspor yang didorong permintaan negara mitra dagang dan peningkatan harga komoditas, terkonfirmasi dari indikator Purchasing Managers Index (PMI) di AS, Singapura, Zona Eropa dan Jepang. Sedangkan dari sisi penawaran, seluruh komponen utama mengalami perbaikan. Baca Juga: Dihantam Pandemi, Rasio Keuangan Maybank Indonesia Masih Solid

“Perbaikan industri pengolahan didorong meningkatnya permintaan Tiongkok terhadap CPO menjelang hari raya Imlek. Perbaikan pertanian karena musim panen beberapa komoditas utama. Sektor perdagangan masih mengalami kontraksi sejalan dengan sisi permintaan, karena adanya penerapan PPKM Mikro sepanjang triwulan I-2021," katanya, Senin (28/6/2021).

Dikatakannya, ekonomi triwulan II-2021 diproyeksikan lebih tinggi dari triwulan I-2021. Optimisme perbaikan mengindikasikan ekonomi dapat kembali tumbuh positif yang didukung perkembangan berbagai indikator terkini, serta adanya faktor base effect.

"Selain itu, menguatnya kinerja ekonomi global akan mendorong akselerasi produksi komoditi ekspor dari industri pengolahan," katanya. Baca Juga: OJK dan TPAKD Sumut Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Digital

Usaha bangunan dan perdagangan akan mengalami akselerasi sejalan dengan kondusifnya kegiatan proyek baik PSN terkait infrastruktur, optimisme UU Cipta Kerja, dan ekspansi swasta, serta HBKN Idul Fitri yang mendorong aktivitas penjualan eceran.

“Dari sisi permintaan, membaiknya ekonomi secara umum akan menjaga pendapatan masyarakat dan penerimaan pajak bagi Pemerintah Daerah sehingga menopang konsumsi,“ ujarnya.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini