Dramatis, Spanyol Menang Lewat Babak Tambahan

Dramatis, Spanyol Menang Lewat Babak Tambahan Kredit Foto: AP Photo/Lluis Gene

Empat gol pada babak kedua membuat Spanyol dan Kroasia sama kuat 3-3 setelah seri 1-1 pada babak pertama laga 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Senin malam ini, sehingga laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Kroasia unggul lebih dulu pada menit ke-20 dari gol bunuh diri kiper Unai Simon. Namun 18 menit kemudian, Pablo Sarabia menyamakan kedudukan.

Pada babak kedua, Spanyol sempat unggul 3-1 berkat gol Cesar Azpilicuteta pada menit ke-57 yang disusul gol Ferran Torres pada menit ke-77.

Namun dalam kurun tujuh menit menjelang laga usai, Kroasia menciptakan dua gol yang menyamakan kedudukan 3-3 masing-masing dari Mislav Orsic pada menit ke-85 dan Mario Pasalic pada menit 90+2.

Kroasia unggul lebih dulu pada menit ke-20 ketika penjaga gawang Unai Simon tak bisa mengendalikan back pass dari Pedri dari separuh daerah permainan sendiri. Bola agak membentur kaki sang kiper untuk kemudian masuk ke gawang sendiri.

18 menit kemudian pada menit ke-38, Pablo Sarabia menebus kesalahan kipernya dengan menciptakan gol yang juga memanfaatkan halauan tidak sempurna kiper Kroasia Dominik Livakovic.

Kerja sama tim dan ketekunan La Roja berbalas manis setelah diawali manuver bersama Koke, Pedri dan Sarabia ke dalam kotak penalti Kroasia.

Jose Gaya kemudian melepaskan umpan dari sudut kiri zona berbahaya berhasil dimentahkan oleh Livakovic namun bola muntah disambar Sarabia dari tembakan jarak dekat.

Spanyol unggul 2-1 pada menit ke-57 ketika Ferran Torres melepaskan umpan yang disundul Azpilicueta yang datang mendahului Gvardiol untuk memasukkan gol ke gawang Kroasia.

Dua puluh menit kemudian pada menit ke-77, Pau Torres mengeksekusi tendangan bebas setelah Brekalo melanggar Koke.

Dia mengarahkan bola dari sebelah kiri lapangan Spanyol yang dilepaskan secara diagonal menuju sisi kanan daerah pemainan Kroasia dengan tujuan Ferran Torres yang berlari kencang menyambut bola.

Torres mengelabui bek Kroasia untuk kemudian melepaskan tendangan keras yang sudah sulit lagi dihalau Livakovic. Tapi dalam kurun tujuh menit, dua gol ini dibalas oleh Mislav Orsic pada menit ke-85 dan Mario Pasalic pada menit 90+2. Laga pun dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu, Alvaro Morata berhasil memunculkan asa tim matador lewat gol kerennya memanfaatkan umpan silang dari kanan sisi gawang di menit 100.

Tak cukup di situ, Mikel Oyarzabal menambah derita Kroasia lewat golnya di menit ke 103. Atas kemenangan ini, Spanyol berhak melenggang ke babak selanjutnya di Piala Eropa.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini