Denny Santoso Sebut Jualan Hanya Level Anak TK, Begini Cara Upgrade Jadi Bisnis Menggiurkan!

Denny Santoso Sebut Jualan Hanya Level Anak TK, Begini Cara Upgrade Jadi Bisnis Menggiurkan! Kredit Foto: Instagram/Denny Santoso

Founder Tribelio, Denny Santoso bersama Founder Global Leadership Center, Robby Tjiptadjaya membagikan ilmu mengubah dagang menjadi bisnis.

Denny berujar bahwa berdagang dan bisnis adalah hal yang berbeda. Ada kasus orang berdagang tiap bulan omzetnya hanya puluhan juta, namun ketika sudah berbisnis omzetnya berubah menjadi miliaran.

Baca Juga: Jack Ma Harusnya Ikuti Jejak Miliarder Ini Biar Bisnisnya Gak Diusik Xi Jinping

Apa yang membedakan? Mindset alias pola pikir. Sebelum memulai bisnis, penting untuk memiliki networking yang luas. Jika baru mulai berdagang, Robby mengatakan bahwa itu masih di level TK. Robby juga berujar bahwa bisnis bukan hanya jualan. Ia pun membeberkan 6 elemen bisnis dalam video YouTube bertajuk "Strategi Meningkatkan Omzet Milyaran - Mengubah Dagang Jadi Bisnis Beneran", ini dia!

1. Punya Mimpi Besar

Mimpi besar bisa didapatkan dari circle pertemanan. Robby bercerita bahwa ia mencoba mendekati orang-orang sukses dan melihat kesehariannya, apa yang dilakukan dan mempelajari ilmu dari mereka. Kuncinya adalah ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

"Amati apa yang dilakukan, tiru kelakuan dia dan modifikasi apa yang kurang, saya percaya kita bisa mencapai apa yang ia capai," ujar Robby.

Denny Santoso menambahkan, kasarnya jika tak memiliki mimpi 'contek' mimpi teman. Jika memiliki mimpi punya Rp1 miliar tetapi di lingkungan tidak ada yang bisa menciptakan Rp1 miliar, maka tidak akan bisa.

2. Persiapkan operasional

Robby mengatakan persiapan operasional ini memiliki 9 step yaitu apa strateginya, bisnis model canvas, bisnis proses, struktur organisasi, job deskripsi, KPI (Key Perfomance Indicator) atau target dari masing-masing karyawan, membuat automation, dan terakhir bisnis dashboard.

Robby menegaskan bisnis dan berdagang adalah hal berbeda. Bisnis adalah pekerjaan jangka panjang, sementara dagang adalah untuk jangka waktu yang singkat. Robby pun lebih menyukai sebutan klien daripada customer. Ini karena customer hanya akan ada satu transaksi, sementara klien akan kembali kepada kita.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini