Firli Ditantang Buat Gali Kasus Rangkap Jabatan Ari Kuncoro: Si Musuh Mahasiswa Paling Tersohor

Firli Ditantang Buat Gali Kasus Rangkap Jabatan Ari Kuncoro: Si Musuh Mahasiswa Paling Tersohor Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Rangkap jabatan rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro bisa menjadi pintu masuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menggali potensi tindakan rasuah.

"Uji nyali Firli. Ini saat paling tepat bagi Ketua KPK unjuk nyali," kata Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi di akun Twitternya, Selasa (29/6).

Seperti diketahui, Rektor UI Ari Kuncoro juga ternyata menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama BRI. Hal ini terkuak usai ramainya soal pemanggilan BEM UI oleh rektorat UI lantaran mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Rangkap jabatan Ari Kuncoro ini menjadi polemik karena melanggar Pasal 35 huruf c, PP 68/2013 tentang Statuta UI. Di mana salah satunya melarang rektor dan wakil rektor merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.

Bagi Adhie Massardi, rangkap jabatan Ari Kuncoro ini juga berpotensi terjadi penyalahgunaan wewenang yang ujungnya bisa merembet ke tindakan rasuah dan melanggar Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini