Inggris Lumat Habis Jerman Jadi Perpisahan Pahit untuk Joachim Loew

Inggris Lumat Habis Jerman Jadi Perpisahan Pahit untuk Joachim Loew Kredit Foto: AFP

Joachim Loew menutup 15 tahun karier kepelatihannya di timnas Jerman dengan pahit. Sebelum Euro 2020, Loew menyatakan bakal pensiun dari tim nasional, dan Hansi Flick akan jadi penggantinya.

Tapi sayang, perpisahan Loew justru berujung pada suasana yang tidak enak, setelah kalah dari Inggris 0-2 pada perdelapan final, di Stadion Wembley, Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Inggris vs Jerman, Dua Menteri ini Ketahuan Taruhan Satu Krat Bir

Walaupun Loew mengatakan, selama 15 tahun terakhir ada banyak hal positif yang dirasakannya. 

''Kami memenangkan Piala Dunia 2014 sebagai puncaknya, kemudian Piala Konfederasi dengan tim muda. Dan mantra dan momen lain. Ada ikatan yang sangat kuat yang telah dibuat dan terhubung,'' kata Loew, dikutip dari Sky Sports, Rabu (30/6/2021).

Ia mengakui, Jerman mulai memiliki beberapa masalah sejak 2018, saat tersingkir dari fase grup pada Piala Dunia. Ia mengakui itu fase yang sulit dan sampai saat ini belum menyelesaikan masalah tersebut. 

Jerman hanya sekali menang dalam enam pertandingan terakhir di ajang Euro. Die Manschaft juga hanya mencatatkan tiga clean sheet dalam 18 pertandingan terakhir mereka.

Loew mengatakan, kekecewaan dari kegagalan di Euro 2020, yang merupakan kesempatan terakhirnya bersama Jerman, bakal bertahan cukup lama. Setelah serangkaian catatan negatif Jerman.

''Anda tidak melupakannya setelah beberapa hari. Saya akan membutuhkan waktu, tapi saya yakin ada banyak hal positif yang dapat saya ambil dari 15 tahun terakhir,'' ujar dia.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini