Alia Hadir Sebagai Aplikasi Pengatur Keuangan Generasi Milenial dan Gen Z

Alia Hadir Sebagai Aplikasi Pengatur Keuangan Generasi Milenial dan Gen Z Kredit Foto: Instagram/Nadia Amalia

Pernahkan kamu merasa bingung kemana uang habis setiap akhir bulan? Belum lagi kondisi miris pandemi yang mengharuskan kita mengatur keuangan lebih baik lagi. Sayangnya mengatur keuangan seringkali terlewatkan karena memakan waktu dan sulit dilakukan.

Nyatanya tingkat literasi keuangan atau akses masyarakat terhadap industri keuangan di Indonesia masih minim. Indeks literasi keuangan Indonesia tahun 2019 adalah 38,03% yang berarti hanya 1 dari 3 masyarakat Indonesia yang 'melek' tentang keuangan.

Baca Juga: PPKM Darurat, Sektor Jasa Keuangan Beroperasi Normal dan Optimalkan Layanan Digital

Hal ini juga dirasakan oleh generasi milenial dan gen z yang mendominasi komposisi penduduk di Indonesia sebanyak 53% (BPS, 2020). Rata-rata milenial dan gen z ternyata mengeluarkan uang 10-20% lebih banyak dari pendapatan. Maka tidak heran apabila lebih dari 60% milenial belum mampu untuk membeli rumah yang merupakan tujuan keuangan kebanyakan orang.

Prihatin dengan permasalahan ini, Nadia Amalia, CEO dari Alia telah mengadakan pelatihan kecerdasan finansial yang telah diikuti oleh lebih dari 50.000 peserta.

“Selama saya mengajar cara menabung dan investasi, ternyata kebanyakan orang boros karena tidak punya waktu untuk mencatat keuangan mereka secara manual,” jelas Nadia. Sebagai solusi terhadap permasalahan tersebut, Nadia pun berinisiatif untuk memulai startup aplikasi pengatur keuangan bernama Alia.

“Setelah saya mencoba membuat aplikasi yang membantu mencatat dan menganalisa keuangan mereka secara otomatis menggunakan artificial intelligence, ternyata lebih efektif bagi pengguna untuk mengatur keuangan mereka.” imbuh Nadia.

Dengan menyediakan fitur lacak pengeluaran otomatis dari bank BCA, Mandiri, BRI, dan BNI, pengguna Alia dapat menganalisa keuangan mereka dengan mudah. Kemudian, fitur budgeting alert dapat digunakan untuk membatasi pengeluaran berdasarkan kategori untuk menghindari boros.

Pengguna Alia juga dapat mengatur strategi menabung untuk mempermudah mencapai tujuan keuangan seperti tabungan liburan atau uang muka rumah. Para ahli keuangan juga siap menjawab pertanyaan keuangan pribadi melalui konsultasi chat.

“Setiap hari aku pakai Alia karena aplikasinya mudah digunakan untuk melacak dan mengatur budget pengeluaran,” terang Dino, seorang pegawai swasta berusia 24 tahun. “Aku ingin atur keuangan lebih baik supaya tabungan nikah dan rumah dapat tercapai tahun depan.” tambahnya.

Dino adalah satu dari ribuan milenial dan gen z yang telah mengatur keuangan dengan Alia. Semenjak menggunakan Alia, rata-rata pengguna Alia dapat menabung 30% lebih banyak untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Dengan hadirnya ALIA sebagai sahabat keuangan Milenial dan Gen-Z, mengatur keuangan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Raihlah berbagai impian keuanganmu dengan download aplikasi ALIA!

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini