Pakar Hukum: Jaga Kepercayaan Masyarakat, Penggeledahan Kantor Bank Harus Humanis

Pakar Hukum: Jaga Kepercayaan Masyarakat, Penggeledahan Kantor Bank Harus Humanis Kredit Foto: Antara/Didik Suhartono

Pakar Hukum Pidana Universitas Al Azhar Indonesia Suparji Ahmad, menilai aksi penggeledahan kantor salah satu bank BUMN di Medan oleh aparat penegak hukum yang dikawal polisi bersenjata lengkap dinilai keterlaluan dan berlebihan. 

Menurutnya, meski diperbolehkan, tetapi penggeledahan membawa polisi dengan persenjataan lengkap dapat menggangu nasabah bank. Baca Juga: Duta Baca: Harus Ada Payung Hukum untuk Ekosistem Perbukuan Indonesia

"Menurut saya patut disayangkan seperti itu (bawa polisi bersenjata lengkap). Kalau dalam rangka penggeledahan itu untuk mencari barbuk ya bisa dilakukan penyidik sendiri maka sebetulnya tidak perlu ada hal tersebut," katanya, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (2/7/2021). 

Lebih lanjut, ia mengatan bahwa penggeledahan dengan meminta pengawalan dari Kepolisian hal lumrah. Baca Juga: Cuitan Denny Siregar Lebih Dahsyat dari Vonis Habib Rizieq, Andi Arief: Harus Dihukum Berapa?

Namun menurutnya, aksi polisi membawa senjata lengkap merupakan hal yang aneh. Kecuali memang ada ancaman sehingga dibutuhkan pengawalan super ketat. 

"Harus jelas tujuannya apa? Apakah ada hal-hal yang mengancam penyidik kemudian ada hal yang dikhawatirkan sehingga perlu ada itu (pengawalan)," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini