Di tengah Pandemi, Pemuda Ini Justru Banting Setir dari Karyawan Jadi AgenBRILink

Di tengah Pandemi, Pemuda Ini Justru Banting Setir dari Karyawan Jadi AgenBRILink Kredit Foto: BRI

Hadirnya pandemi telah menghambat aktivitas masyarakat termasuk kegiatan perekonomian. Namun demikian, ada juga yang berani ambil risiko keluar dari pekerjaan demi berhasil untuk menjadi wirausaha. Ali Ilham warga Dusun Krajan Barat, Desa Segobang, Kecamatan Licin, Banyuwangi membuktikannya dengan menjadi AgenBRILink. Keberhasilannya menjadi AgenBRILink bukan sekadar hisapan jempol. Bahkan dia rela meninggalkan pekerjaan terdahulunya untuk fokus menjadi jejaring AgenBRILink BRI.

Sebelum menjadi AgenBRILink, Ali bekerja sebagai sales promotion di salah satu pasar modern di Banyuwangi, Jawa Timur. Melihat peluang ekonomi yang besar sebagai AgenBRILink, Ali tak gentar menanggalkan statusnya sebagai karyawan.

“Awalnya memang butuh kerja keras dan kesabaran. Sekarang alhamdulillah hasilnya sama, bahkan lebih dari saat masih jadi pegawai dulu. Kini saya lebih leluasa (dalam bekerja) dan tidak ada lagi yang memarahi,” ujar Ali saat ditemui di rumahnya.

Baca Juga: Bangun Ekosistem Keuangan Mikro, Agen BRILink Jadi Andalan Percepat Inklusi Keuangan

Ali menuturkan sejak lulus SMK sempat berpindah-pindah tempat bekerja. Dia pernah menekuni bidang event organizer, karyawan toko, tenaga penjual hingga bekerja di pasar modern. Untuk menambah penghasilan, Ali dan istrinya merintis usaha kecil-kecilan melalui online shop.

Penjualan barang secara daring mendorong Ali dan istri melakukan transaksi keuangan melalui ATM. Karena lokasi ATM bank terdekat jauh dari tempat tinggalnya, memaksa Ali bertransaksi melalui AgenBRILink yang tak lain adalah kawannya.

Awal bersinggungan langsung dengan AgenBRILink, Ali hanya butuh layanan transfer pembayaran online shop sang istri. Setelah beberapa lama Ali mulai tertarik dengan skema bisnis yang ditawarkan jika menjadi AgenBRILink seperti temannya.

Baca Juga: Tekad Seorang Ibu Rumah Tangga Mengubah Ekonomi Keluarga Lewat Agen BRILink

“Sejak itu saya mempelajari bagaimana menjadi AgenBRILink dan apa saja keuntungannya. Saya mendaftar dan akhirnya diterima,” ucap Ali menerangkan.

Pada 2019 Ali resmi menjadi jejaring laku pandai BRI tersebut dengan nama Tutfy Cell. Nama gerai Ali tersebut diambil dari nama sang istri, Tutfy Ilafiyah. Saat itu dia menjalaninya sambil bekerja.

Secara perlahan gerai AgenBRILink Ali mulai ramai. Melihat peluang tersebut pada Januari 2021 Ali akhirnya memberanikan diri fokus dan keluar dari pekerjaannya di pasar modern.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini