Apa Itu Nilai Buku?

Apa Itu Nilai Buku? Kredit Foto: Freepik

Nilai buku adalah nilai aset dalam neraca perusahaan setelah aset diakumulasi terhadap penyusutan. Nilai buku juga dapat dianggap sebagai nilai aset bersih perusahaan dan dihitung sebagai total aset dikurangi aset tidak berwujud serta kewajiban.

Nilai buku adalah nilai akuntansi aset perusahaan dikurangi semua klaim atas ekuitas biasa seperti kewajiban perusahaan.

Aset seperti bangunan, tanah dan peralatan dinilai berdasarkan biaya perolehannya, yang mencakup biaya tunai aktual aset ditambah biaya tertentu yang terkait dengan pembelian aset, seperti biaya perantara. Tidak semua barang yang dibeli dicatat sebagai aset; persediaan tak terduga dicatat sebagai beban. Beberapa aset mungkin dicatat sebagai beban saat ini untuk tujuan pajak.

Baca Juga: Apa Itu Neraca?

Aset keuangan termasuk saham dan obligasi yang dimiliki oleh individu atau perusahaan. Ini dapat dilaporkan pada neraca individu atau perusahaan dengan biaya atau nilai pasar.

Nilai buku perusahaan sebagai aset yang dimiliki oleh entitas ekonomi yang terpisah adalah ekuitas pemegang saham perusahaan atau korporasi, biaya perolehan saham, atau nilai pasar saham yang dimiliki oleh entitas ekonomi yang terpisah.

Nilai buku perusahaan digunakan dalam analisis keuangan fundamental untuk membantu menentukan apakah nilai pasar saham perusahaan di atas atau di bawah nilai buku saham perusahaan. Pembukuan atau catatan akuntansi perusahaan umumnya tidak mencerminkan nilai pasar aset dan kewajiban.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini