Sarankan Jokowi Ikuti Ridwan Kamil, Rizal Ramli: Jangan Gengsi!

Sarankan Jokowi Ikuti Ridwan Kamil, Rizal Ramli: Jangan Gengsi! Kredit Foto: Instagram/Rizal Ramli

Ekonom Rizal Ramli menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan dana infrastruktur untuk penanganan pandemi Covid-19.

Hal itu seperti yag dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang memilih mengalihkan proyek infrastruktur untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Pemerintahan Jokowi Pilih PPKM Darurat, Tudingan 212 Keras Banget: Tutupi Kegagalan...

"Refocusing anggaran yang dilakukan Gubernur Ridwan Kamil merupakan contoh bagus dan patut dicontoh oleh Presiden Jokowi dan gubernur seluruh Indonesia," ujar Rizal Ramli dalam keterangannya, Minggu (4/7).

Rizal Ramli mengatakan, pemerintah punya anggaran yang dialokasikan untuk infrastruktur sebesar Rp417 triliun. Belum lagi dana Saldo Anggaran (SAL & SiLPA) yang mencapai Rp234 triliun.

"Jangan gengsi. Gunakan uang insfrastruktur dan dana SAL & SiLPA untuk membantu kebutuhan pokok pekerja harian dan rakyat miskin," tegasnya.

Selain itu, pemerintah pusat juga bisa melibatkan masyarakat dalam pendistribusian makanan, bukan dengan menggandeng elite dan mafia.

"Ajak tentara, polisi, sopir ojol, RT dan RW untuk distribusi makanan," pungkas Rizal Ramli.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini