Ada Kata Sepakat, Mesir Setuju Lepaskan Kapal Raksasa yang Blokir Terusan Suez

Ada Kata Sepakat, Mesir Setuju Lepaskan Kapal Raksasa yang Blokir Terusan Suez Kredit Foto: Getty Images

Pemilik dan perusahaan asuransi kapal kontainer Ever Given yang memblokir Terusan Suez pada bulan Maret mengatakan pada Minggu (4/7/2021) bahwa penyelesaian formal telah disepakati dalam sengketa kompensasi. Otoritas kanal selanjutnya mengatakan kapal tersebut akan diizinkan untuk kembali berlayar pada 7 Juli.

Otoritas Terusan Suez (SCA) telah menahan kapal raksasa dan awaknya di sebuah danau di antara dua bentangan jalur air sejak kapal itu copot pada 29 Maret. Itu dilakukan pihak otoritas di tengah perselisihan tentang permintaan kompensasi oleh SCA.

Baca Juga: Senjata Misterius Serang Kapal Kargo Israel di Samudera Hindia, Kondisinya Belum Diketahui

Ever Given milik Jepang terjebak dalam angin kencang dan tetap terjepit di kanal selama enam hari, mengganggu perdagangan global.

"Persiapan untuk pelepasan kapal akan dilakukan dan acara yang menandai kesepakatan akan diadakan di markas Otoritas di Ismailia pada waktunya," kata Faz Peermohamed dari Stann Marine, yang mewakili pemilik Shoei Kisen dan perusahaan asuransinya, dalam sebuah pernyataan, dilansir Reuters, Senin (5/6/2021).

SCA mengatakan kontrak penyelesaian akan ditandatangani pada Rabu (7/7/2021) di sebuah upacara, dan bahwa para peserta akan dapat menyaksikan kapal berangkat. Namun Stann Marine tidak memberikan rincian penyelesaian.

Osama Rabie, ketua SCA, mengatakan kanal tersebut akan menerima kapal tunda dengan kapasitas tarikan sekitar 75 ton sebagai bagian dari penyelesaian, tanpa menyebutkan rincian lainnya.

"Kami mempertahankan hak otoritas sepenuhnya, menjaga hubungan kami dengan perusahaan dan juga hubungan politik dengan Jepang," katanya kepada saluran TV swasta, Minggu (4/7/2021) malam.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini