WNA Asal China Lolos saat PPKM Darurat, PKS: Pemerintah Hanya Lip of Service

WNA Asal China Lolos saat PPKM Darurat, PKS: Pemerintah Hanya Lip of Service Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher mempertanyakan masuknya 20 WNA asal China ke Indonesia di tengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa Bali.

"Kenapa WN China diistimewakan dalam PPKM Darurat. Apakah dengan dalih proyek strategis nasional maka hal ini dibiarkan terjadi?" kata Netty dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (5/7).

Menurut Netty, kebijakan PPKM Darurat akan percuma jika pemerintah tidak menutup jalur masuk WNA, karena kemungkinan penyebaran virus Covid 19 tidak bisa dibendung jika kebijakan pembatasan dilakukan setengah-setengah.

"Pemerintah harus tegas dalam mencegah masuknya TKA yang diduga dapat menjadi sumber penularan," ucapnya.

Yang membuat Netty khawatir, kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali malah dinilai tidak konsisten oleh masyarakat. Karena, saat implementasi di lapangan tidak diberlakukan secara adil, alih-alih hanya diberlakukan kepada masyarakat Indonesia di dalam negeri tetapi tidak bagi WNA.

"Jangan sampai publik menilai pemerintah hanya lip service dalam kebijakan pengendalian Covid-19. Kita khawatir PPKM Darurat bisa jadi tidak efektif,” katanya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini