TKA China Masuk Indonesia saat PPKM Darurat, PKS: Aneh bin Ajaib

TKA China Masuk Indonesia saat PPKM Darurat, PKS: Aneh bin Ajaib Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai, pemerintah melakukan penyimpangan karena memberikan izin TKA ke Indonesia saat kasus Covid-19 tengah meledak dan tingginya angka pengangguran pekerja lokal.

Sukamta mendengar bahwa TKA asal China datang ke Tanah Air via Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, beberapa hari lalu. Menurut Sukamta, para TKA itu masuk saat pemerintah menerapkan PPKM darurat Jawa Bali dari 3 sampai 20 Juni 2021.

Baca Juga: Benarkan Ada 20 TKA asal China, Anak Buah Ida Fauziah ini Bawa-bawa Peraturan Presiden

"Pemerintah anomali, aneh bin ajaib," kata Sukamta dilansir dari JPPN melalui layanan pesan, Senin (5/7).

Sukamta mengatakan, kebijakan pembatasan seharusnya bisa mencegah masuknya virus Covid-19 varian baru dari luar negeri. "Berulang kali terjadi orang-orang asing dari luar negeri dan TKA bisa masuk ke Indonesia ketika pembatasan kedatangan dari luar negeri diberlakukan," ujar legislator fraksi PKS itu.

Sukamta menyadari bahwa izin datangnya TKA berpaspor China sesuai aturan, tetapi pemerintah lupa mengenai norma kepatutan.

"Kami heran dengan pemerintah. Alasan TKA bekerja di proyek strategis nasional karena tidak ada tenaga kerja Indonesia sesuai skill yang dibutuhkan. Ini menghina kualitas anak negeri," beber legislator daerah pemilihan DI Yogyakarta itu.

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini