Soal Cuan China Jagonya, Lihat Aja Afghanistan yang Dilanda Perang Mau Diincar Jadi...

Soal Cuan China Jagonya, Lihat Aja Afghanistan yang Dilanda Perang Mau Diincar Jadi... Kredit Foto: Getty Images/Xinhua

China tampaknya bersiap untuk meningkatkan keterlibatannya di Afghanistan ketika pasukan Amerika Serikat (AS) menyelesaikan penarikan terakhir mereka. Beijing mengincar negara yang dilanda perang itu untuk investasi dan peluang membuka pengaruh.

Beijing telah vokal, terutama dalam beberapa pekan terakhir, dalam mengecam AS karena mendorong penarikan pasukannya, mengutip situasi yang memburuk di lapangan. Namun, itu belum membuat komitmen publik mengenai tanggapan.

Baca Juga: China Rilis Plot Mengerikan di Timur Tengah, Xi Jinping Bisa Gandeng Taliban dalam Situasi Ini

Otoritas Kabul, Daily Beast melaporkan pada Minggu (4/7/2021), telah menjadi jauh lebih dalam terlibat dengan para pemimpin China ketika keduanya bekerja menuju kesepakatan untuk berinvestasi dalam infrastruktur Afghanistan melalui “Inisiatif Sabuk dan Jalan” internasional China.

Program triliunan dolar telah mendanai banyak proyek —umumnya berfokus pada infrastruktur keras seperti bandara, jalan, dan pelabuhan— di seluruh Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Ini telah digunakan oleh Partai Komunis China untuk menumbuhkan pengaruhnya dengan memberikan pinjaman infrastruktur kepada negara-negara miskin dengan imbalan kontrol atas sumber daya lokal.

Mengutip sumber yang dekat dengan pemerintah Afghanistan, outlet tersebut melaporkan bahwa kesepakatan itu akan memperpanjang Koridor Ekonomi China-Pakistan senilai $62 miliar, sebuah proyek unggulan dari inisiatif yang dipimpin Beijing. Proyek tersebut mencakup pembangunan jalan raya, rel kereta api, dan jaringan pipa energi yang mencapai Afghanistan.

Berbicara kepada outlet tersebut, sumber lain mengatakan pembangunan jalan utama antara Afghanistan dan Peshawar, sebuah kota di Pakistan barat laut, adalah salah satu proyek spesifik yang direncanakan.

"Ada diskusi di jalan raya Peshawar-Kabul antara pihak berwenang di Kabul dan Beijing. Menghubungkan Kabul dengan Peshawar melalui jalan darat berarti Afghanistan secara resmi bergabung dengan CPEC," kata sumber itu.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini