Dengarkanlah Lagu Tertua di Dunia yang Ditulis 3.400 Tahun Lalu, Penasaran?

Dengarkanlah Lagu Tertua di Dunia yang Ditulis 3.400 Tahun Lalu, Penasaran? Kredit Foto: Unsplash/Nate Greno

Sebuah 'lembaran' musik yang dianggap sebagai lagu tertua yang pernah dibuat ditemukan di kota kuno Ugarit, Suriah. Usianya bisa diasosiasikan sekitar 3400 tahun yang lalu.

Profesor Anne Draffkorn Kilmer, yang bekerja sebagai kurator di Museum Antropologi Lowie di Berkeley, menghabiskan waktu lima belas tahun untuk menguraikan lempengan-lempengan tanah liat yang ditemukan dan digali di Suriah oleh para arkeolog Prancis pada awal 1950-an. Tablet-tablet itu, telah dikonfirmasi, membentuk "sebuah himne kultus yang lengkap dan merupakan lagu tertua yang diawetkan dengan notasi di dunia."

Baca Juga: Sejarah Mencatat, Perang Terpanjang Amerika Dipastikan Resmi Berakhir Setelah...

Listen-to-the-oldest-song-in-the-world-which-was-written-3400-years-ago.jpg

Kilmer, yang juga profesor Assyriology di University of California, bekerja bersama rekan-rekannya Richard L. Crocker dan Robert R. Brown untuk membuat catatan dan buklet definitif tentang lagu yang disebut 'Sounds From Silence'.

“Kami dapat mencocokkan jumlah suku kata dalam teks lagu dengan jumlah not yang ditunjukkan oleh notasi musik,” kata Kilmer, dilansir Far Out Magazine.

“Pendekatan ini menghasilkan harmoni daripada melodi nada tunggal. Kemungkinan jumlah suku kata akan cocok dengan angka notasi tanpa niat sangat besar,” ungkapnya.

Richard Crocker, rekan Kilmer, menambahkan: "Ini telah merevolusi seluruh konsep asal muasal musik barat."

Sementara rekreasi dasar dari lagu tersebut dirilis kemudian, sebuah video baru dari lagu tersebut dimainkan oleh musisi dan komposer Michael Levy yang. Menurut Daily Mail, mereka berfokus pada “meneliti dan menciptakan kembali teknik bermain kuno dari kecapi kuno secara intensif.”

Sementara para arkeolog berhasil menemukan 29 tablet yang digali selama proyek pada 1950-an, hanya satu teks yang terpelihara dengan cukup baik untuk memungkinkan rekonstruksi modern.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini