Kisah Orang Terkaya: Kim Beom-su, Anak Miskin yang Jadi Pentolan Internet di Korea Selatan

Kisah Orang Terkaya: Kim Beom-su, Anak Miskin yang Jadi Pentolan Internet di Korea Selatan Kredit Foto: Kakao/Hand-out

Orang terkaya di Korea Selatan, Kim Beom-su adalah pendiri dan ketua dari aplikasi KakaoTalk yang terkenal. Kakao adalah aplikasi perpesanan terbesar Korea Selatan, yang dipasang di 90% ponsel pintar negara itu. Puluhan juta pengguna Kakao juga menggunakan aplikasi ini untuk bermain game, berbelanja, dan mengobrol.

Kim merupakan pria kelahiran 8 Maret 1966 di tengah keluarga miskin yang orang tuanya bekerja serabutan. Keluarganya berjumlah delapan orang, dan harus berbagi satu kamar tidur di pemukiman miskin di Seoul.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Ding Shijia, Miliarder Tertutup Pemilik Brand Sepatu Terkenal di China

Meski demikian, Kim sangat beruntung. Berkat kepintarannya, ia bisa berkuliah di kampus terbaik Korea Selatan, Seoul National University. Tetapi, untuk sampai lulus kuliah, perjuangan Kim tidak mudah. Ia harus bekerja paruh waktu dan mengajar les privat. Didikan orang tuanya membuat Kim terbiasa mandiri dan bertanggungjawab atas dirinya sendiri.

Usai lulus dari Teknik Industru Seoul National University di tahun 1992, Kim langsung bekerja di bagian IT perusahaan konglomerat Samsung. Kim memiliki tugas mengembangkan komunikasi online. Namun, ia berhenti setelah lima tahun bekerja untuk membuka usahanya sendiri. Usaha pertamanya adalah bisnis warnet yang berkembang menjadi game casino online.

Portal itu pun berkembang menjadi Hangame yang menarik banyak peminat hingga populer di Korea Selatan. Akhirnya, pada suatu hari di tahun 2000, Kim memutuskan merger dengan Naver, mesin pencari paling populer di Korea Selatan dan mengganti nama NHN yang menjadikannya portal internet terbesar di Negeri Ginseng tersebut.

Setelah lima tahun sukses dengan NHN, Kim mencoba peruntungan di AS yang sayangnya harus berakhir gagal. Pada tahun 2007, Kim mundur dari NHN.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini