Kisah Perusahaan Raksasa: Itau Unibanco, Konglomerat Perbankan dari Amerika Latin

Kisah Perusahaan Raksasa: Itau Unibanco, Konglomerat Perbankan dari Amerika Latin Kredit Foto: Reuters

Banco Itau Unibanco Holdings SA adalah perusahaan perbankan dan layanan keuangan asal Brasil yang bermarkas pusat di Sao Paulo. Korporasi ini adalah salah satu institusi perbankan terbesar di Amerika Latin, sehingga namanya masuk jajaran perusahaan raksasa oleh Fortune Global 500.

Itau menempati peringkat ke-216 berdasarkan catatan Fortune tahun 2020. Pendapatannya di tahun ini mencapai 51,72 miliar dolar AS. Namun sayang, ini turun sekitar 5,4 persen dari 2019 yang memperoleh 54,66 miliar dolar AS.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Bisnis Keluarga Pfizer Sukses Kembangkan Kerajaan Farmasi Kelas Dunia

Hal tersebut juga membawa Itau turun dari peringkat nomor 191 ke 216. Meski begitu, keuntungan perusahaan tercatat tidak menyusut. Itu bahkan mengalami kenaikan meskipun sedikit sebesar 0,9, dengan total laba yang didapat 6,87 miliar dolar AS.

Itau bernilai sekitar 48,77 miliar dolar AS. Dengan total ekuitas sahamnya mencapai 34,04 miliar dolar AS. Yang terakhir, aset bank raksasa asal Brasil ini tercatat sekitar 407,13 miliar dolar AS.

Lebih lanjut, berikut kisah perusahaan raksasa Itau Unibanco oleh Warta Ekonomi, Rabu (7/7/2021). Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut di bawah ini.

Itau Unibanco dibentuk atas penggabungan dua institusi keuangan raksasa. Sejarahnya bisa mengakar hingga 95 tahun ke belakang. Banco Central de Credito didirikan tahun 1945. Antara 1964 dan 1969, dua perusahaan membentuk satu entitas baru bernama Banco da America. 

Banco Itau mengambil langkah ke depan untuk menghadapi globalisasi dengan membuka kantor cabang luar negeri pertamanya di New York dan Buenos Aires. Sementara itu di tahun 1960 juga, Nama Banco da America berubah menjadi Unibanco.

Memasuki dekade 1970-an, Itau mengonsolidasikan dasar-dasar perbankan elektronik, dengan menaruh beberapa investasi untuk teknologi mereka. Di sisi lain, Unibanco menjadi sebuah bank independen dengan bisnis yang beragam, meliputi Leasing, Invesment Brokerage, Securities Distributor.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini