Iran Jadi Fasilitator Perundingan Delegasi Afghanistan dan Taliban

Iran Jadi Fasilitator Perundingan Delegasi Afghanistan dan Taliban Kredit Foto: Getty Images/NurPhoto/Wali Sabawoon

Delegasi Pemerintah Afghanistan dan Taliban melakukan pertemuan di Teheran, Iran, Rabu (7/7/2021). Pertemuan berlangsung ketika Taliban mulai menguasai daerah utara Afghanistan pascaditariknya pasukan Amerika Serikat (AS).

Kabar mengenai pertemuan delegasi Taliban dan Pemerintah Afghanistan diumumkan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

Baca Juga: Selandia Baru Ikut Amati Situasi Bentrokan Panas Taliban dan Afghanistan

“Hari ini rakyat dan pemimpin politik Afghanistan harus membuat keputusan sulit untuk masa depan negara mereka,” kata Zarif, dikutip laman Al Arabiya.

Delegasi Taliban dipimpin negosiator Sher Mohammad Abbas Stanikzai. Sementara Afghanistan mengutus Wakil Presiden Younus Qannoni.

Pada Selasa (6/7/2021) lalu, otoritas keamanan Afghanistan berjanji merebut kembali daerah-daerah yang baru saja dikuasai Taliban.

Akhir pekan lalu, lebih dari seribu personel keamanan Afghanistan melarikan diri ke perbatasan Tajikistan. Hal itu terjadi saat kelompok Taliban mulai menguasai wilayah utara Afghanistan pasca-penarikan personel tentara AS dari negara tersebut.

Taliban mengambil alih enam distrik utama di provinsi utara Badakshan yang berbatasan dengan Cina dan Tajikistan pada Minggu (4/7/2021). Setelah hal itu terjadi, sebanyak 1.037 prajurit Afghanistan dilaporkan melarikan diri melintasi perbatasan dengan izin Tajikistan.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini