Ini Kata Amerika Tanggapi Pembunuhan Sadis Presiden Haiti

Ini Kata Amerika Tanggapi Pembunuhan Sadis Presiden Haiti Kredit Foto: EPA Photo

Amerika Serikat menyebut pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise pada Rabu malam (7/7/2021) sebagai "serangan tragis" dan akan melaporkan kejadian ini kepada Presiden AS Joe Biden. Hal itu disampaikan Gedung Putih pada Rabu (7/7/2021).

"Kami masih mengumpulkan informasi," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki di MSNBC. "Saat ini kami masih mengevaluasi."

Baca Juga: Presiden Haiti Didor hingga Tewas di Rumahnya Sendiri, Politik Bangsa Terbelah!

Presiden Haiti Jovenel Moise tewas ditembak oleh penyerang tak dikenal di kediaman pribadinya pada Rabu malam. "Ini tragedi tragis. Kejahatan mengerikan," kata Psaki saat wawancara dengan CNN.

Pemerintah AS masih mencari informasi spesifik mengenai serangan tersebut dan Psaki menyampaikan rasa solidaritas kepada rakyat Haiti.

"Kami siap dan mendukung mereka untuk memberikan bantuan apa saja yang diperlukan," katanya.

"Tentu saja Kedutaan dan Departemen Luar Negeri akan berhubungan dekat namun ini sebuah tragedi. Kami mendukung mereka dan penting untuk rakyat Hairi mengetahui itu."

Kubu oposisi di Haiti menuding AS - donor asing utama Haiti - bersikap lunak terhadap Moise, mengingat dukungannya terhadap kebijakan luar negeri AS.

Pemerintahan mereka memutuskan hubungan dengan masyarakat Karibia (Caricom) untuk menentang Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini