Apa Itu Nilai Pasar?

Apa Itu Nilai Pasar? Kredit Foto: Salma Markets Companies

Nilai pasar adalah nilai yang digunakan untuk menggambarkan nilai aset atau perusahaan di pasar keuangan. Nilai pasar juga biasa digunakan untuk merujuk pada kapitalisasi pasar dari perusahaan publik. Nilai pasar juga dihitung dengan mengalikan jumlah saham yang beredar dengan harga saham saat ini.

Tak hanya itu, nilai pasar paling mudah ditentukan untuk instrumen yang diperdagangkan di bursa seperti saham, karena harga pasarnya tersebar luas dan mudah tersedia. Namun, keadaan ini sedikit lebih menantang untuk dipastikan seperti sekuritas pendapatan tetap.

Baca Juga: Apa Itu Nilai Intrinsik?

Namun, kesulitan terbesar dalam menentukan nilai pasar terletak pada memperkirakan nilai aset tidak likuid seperti real estat dan bisnis, yang mungkin memerlukan penggunaan penilai real estat dan ahli penilaian bisnis masing-masing.

Nilai pasar suatu perusahaan merupakan indikasi yang baik dari persepsi investor tentang prospek bisnisnya. Kisaran nilai pasar di pasar keuangan sangat besar, mulai dari kurang dari USD1 juta (Rp14 miliar) untuk perusahaan terkecil hingga ratusan miliar untuk perusahaan terbesar yang paling sukses di dunia.

Selain itu, nilai pasar ditentukan oleh valuasi atau kelipatan yang diberikan oleh investor kepada perusahaan, seperti price-to-sales, price-to-earnings, enterprise value-to-EBITDA, dan sebagainya. Semakin tinggi valuasi, semakin besar nilai pasar.

Nilai pasar juga dapat berfluktuasi selama banyak periode waktu dan secara substansial dipengaruhi oleh siklus bisnis. Nilai pasar jatuh selama pasar bearish yang menyertai resesi dan naik selama pasar naik yang terjadi selama ekspansi ekonomi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini