Kisah Orang Terkaya: Ian Livingstone, Dokter Mata yang Banting Stir Jadi Pengembang Properti

Kisah Orang Terkaya: Ian Livingstone, Dokter Mata yang Banting Stir Jadi Pengembang Properti Kredit Foto: Mirror/Avalon.red

Miliarder pengembang properti asal Inggris, Ian Livingstone telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Pria kelahiran 22 Mei 1962 ini adalah pendiri London & Regional Properties swasta, yang dimiliki bersama dengan saudaranya Richard Livingstone.

Livingstone lahir di Inggris, ia merupakan putra seorang dokter gigi di Ealing, London. Ia dididik di St Paul's School, sebuah sekolah swasta terkemuka di sana dan melanjutkan kuliah di City University London. Ian Livingstone pun menerima gelar sarjana dalam bidang Optometri dan memenuhi syarat sebagai dokter mata pada tahun 1984.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Kim Beom-su, Anak Miskin yang Jadi Pentolan Internet di Korea Selatan

Livingstone menjabat sebagai ketua dan pemegang saham mayoritas Optika Clulow Group, jaringan ritel yang memiliki 170 toko optik, termasuk David Clulow, Sunglass Hut, Harrods and Selfridges opticians, dari tahun 1990 hingga 2010.

Pemegang saham utama lainnya adalah saudaranya Richard Livingstone, seorang surveyor. Mereka menjual rantai ritel itu pada tahun 2011 dan sekarang menjadi pengembang properti. Banyak dari perkembangan awal mereka dibiayai oleh bank dagang Dawnay Day milik Jacob Rothschild.

Ian menjabat sebagai co-Executive Chairman London & Regional Properties bersama saudaranya sejak 1993. Melalui perusahaan induk ini, mereka memiliki David Lloyd Leisure dan hak sewa untuk Cliveden House di Berkshire, dan Hilton Hotels di Green Park and Park Lane di London.

Mereka juga membangun kembali bekas markas Marks & Spencer di 55 Baker Street, yang sekarang menjadi kantor Knight Frank, akuntan BDO Stoy Hayward, dan London & Regional itu sendiri.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini