Pesan BI, Keyakinan Konsumen Perlu Dijaga di Tengah PPKM Darurat

Pesan BI, Keyakinan Konsumen Perlu Dijaga di Tengah PPKM Darurat Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Survei Konsumen (SK) Bank Indonesia (BI) pada awal Juni 2021 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi masih terus menguat. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2021 meningkat sebesar 107,4, dibandingkan 104,4 pada bulan Mei 2021. 

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, kondisi ini perlu terus dijaga dan dicermati sejalan diterapkannya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat guna mengatasi kenaikan Covid-19 di Indonesia.

"Hal ini juga mempertimbangkan hasil SK yang mengindikasikan penguatan optimisme konsumen pada Juni 2021 tersebut terutama didorong oleh persepsi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi saat ini meski masih berada pada area pesimis (<100)," ujar Erwin di Jakarta, Kamis (8/7/2021). Baca Juga: Upaya Tingkatkan 3T dan Vaksinasi di Masa PPKM Darurat

Lebih jauh, dia menjelaskan, keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok pendidikan, serta pada mayoritas kelompok usia responden.

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik pada 8 kota yang disurvei, tertinggi di Banten, diikuti oleh Denpasar dan Mataram," ungkapnya.

Secara triwulanan, keyakinan konsumen pada triwulan II 2021 terpantau menguat dan berada pada level optimis di level 104,4, lebih tinggi dari 88,0 pada triwulan I 2021, maupun 82,1 pada triwulan II 2020.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini