Kian Gencar, Taliban Rebut Batas Penyeberangan Afghanistan yang Menempel dengan Iran

Kian Gencar, Taliban Rebut Batas Penyeberangan Afghanistan yang Menempel dengan Iran Kredit Foto: Getty Images/NurPhoto/Wali Sabawoon

Seorang pejabat Afghanistan dan media Iran mengatakan Taliban pada Kamis (8/7/2021) telah merebut perbatasan utama Afghanistan lainnya, yang kali ini dengan Iran. Perebutan itu adalah bagian dari gelombang Taliban saat pasukan Amerika Serikat (AS) menyelesaikan penarikan mereka dari Afghanistan.

Dilansir Associated Press, Kamis (8/7/2021), itu adalah penyeberangan perbatasan ketiga yang dilakukan pemberontak dalam seminggu terakhir, setelah sebelumnya menguasai perlintasan dengan Tajikistan dan Uzbekistan. Perkembangan itu terjadi ketika Presiden Joe Biden mengatakan misi militer AS di Afghanistan akan berakhir pada 31 Agustus.

Baca Juga: Takut Atau Gimana? Utusan Taliban yang Kunjungi Moskow Bilang Gak Akan Ancam Rusia karena...

Kemenangan Taliban telah menyebabkan beberapa negara menutup konsulat mereka di wilayah tersebut. Sementara, Tajikistan telah memanggil pasukan cadangan untuk memperkuat perbatasan selatan negara itu dengan Afghanistan.

Seorang pejabat Afghanistan mengatakan Taliban pada hari Kamis mengambil kendali titik persimpangan Islam Qala di provinsi Herat barat. Pejabat yang berada di Herat, berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk memberikan informasi kepada wartawan.

Tentara Afghanistan di daerah perbatasan Islam Qala –rute transit utama antara Afghanistan dan Iran– melarikan diri dari posisi mereka, menyeberang ke Iran untuk berlindung, media Iran melaporkan. Penyeberangan ini berjarak sekitar 120 kilometer (75 mil) di sebelah barat kota Herat, ibu kota provinsi.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid tweeted untuk mengkonfirmasi mengambil Islam Qala dan mengatakan bahwa pejuang Taliban memasuki kota Islam Qala itu sendiri, dan disambut hangat oleh penduduk setempat. Mujahid juga memposting video yang dimaksudkan untuk menunjukkan Taliban naik di belakang truk di Islam Qala dan menembak ke udara dalam perayaan saat kerumunan pria bersorak.

Afghanistan telah menyaksikan gelombang Taliban ketika penarikan Amerika dan NATO meningkat selama beberapa bulan terakhir. Pada Selasa, Komando Pusat AS mengatakan 90% penarikan pasukan dan peralatan AS dari Afghanistan telah selesai. AS mengatakan pasukan terakhir akan pergi pada bulan Agustus.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini