Taliban Kepung Kota-kota Besar Afghanistan, Siap untuk Pertempuran Ketika Amerika Lenyap

Taliban Kepung Kota-kota Besar Afghanistan, Siap untuk Pertempuran Ketika Amerika Lenyap Kredit Foto: Reuters/Afghanistan Ministry of Defence

Presiden Biden berbicara pada Kamis (8/7/2021) tentang situasi di Afghanistan ketika keterlibatan Amerika Serikat (AS) dalam perang terlamanya akan segera berakhir. Biden diperkirakan akan mengatakan bahwa penarikan AS telah selesai, tetapi pasukan sekitar 1.000 tentara akan tetap berada di negara itu untuk memberikan keamanan di Kedutaan Besar AS dan Bandara Internasional Kabul.

Tetapi gerilyawan Taliban yang telah berjuang selama dua dekade di AS sekarang melaju ke kota-kota provinsi. Mereka akan membawa pertempuran dengan pasukan keamanan Afghanistan semakin dekat ke ibu kota regional.

Baca Juga: Kian Gencar, Taliban Rebut Batas Penyebrangan Afghanistan yang Menempel dengan Iran

CBS News melaporkan, unit komando Afghanistan kembali berpatroli pada Kamis (8/7/2021) di ibu kota Provinsi Badghis, di Afghanistan barat. Hanya sehari setelah mereka memukul mundur gerilyawan Taliban yang mencoba menyerbu kota.

Video yang belum diverifikasi yang di-posting di media sosial tampaknya menunjukkan pejuang Taliban melaju kencang menuju pusat kota Qala-i-Naw dengan sepeda motor. Di tengah kekacauan, terjadi pembobolan penjara di penjara setempat.

Dengan tembakan keras masih terdengar, gubernur provinsi mencoba meyakinkan warga: "Tetap tenang dan saya berjanji, kami akan mempertahankan kota."

Pertempuran itu adalah yang paling dekat dengan Taliban untuk menggulingkan ibu kota provinsi sejak 2015, dan itu adalah bagian dari serangan yang telah melihat kemajuan pemberontakan di seluruh negeri dengan kecepatan kilat.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini