Diwanti-wanti Soal Afghanistan, Rusia Bersumpah Bantu Tetangganya Jika Diserang

Diwanti-wanti Soal Afghanistan, Rusia Bersumpah Bantu Tetangganya Jika Diserang Kredit Foto: Unsplash/Sam Oxyak

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov pada Kamis (8/7/2021) bersumpah Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO) akan segera bersidang untuk mengambil langkah yang diperlukan jika terjadi serangan ke Tajikistan yang berbatasan langsung dengan Afghanistan. Sumpahnya disampaikan selama kuliah umum di Universitas Far Eastern Federal tentang kegiatan internasional Rusia untuk mengembangkan wilayah Rusia.

“Jika Tajikistan diserang, ini tentu saja akan menjadi bahan diskusi langsung di CSTO,” diplomat top Rusia meyakinkan, dikutip dari TASS, Jumat (9/7/2021).

Baca Juga: Kemajuan Pesat Taliban Bikin Cemas, Putin Langsung Telepon Tetangga Afghanistan

Moskow dan Dushanbe adalah sekutu di bawah Perjanjian Keamanan Kolektif, dan Rusia memiliki pangkalan militer di Tajikistan, kata Lavrov. "Jadi, tentu saja kami akan menghormati komitmen kami," tegasnya.

Pusat pers Komite Keamanan Nasional Pasukan Penjaga Perbatasan Tajikistan melaporkan pada Senin bahwa lebih dari 1.000 tentara Afghanistan telah mundur ke Tajikistan setelah bentrokan dengan Taliban (dilarang di Rusia). Pasukan Afghanistan harus mundur ke wilayah Tajikistan beberapa kali selama dua minggu terakhir.

Sekretaris Jenderal CSTO Stanislav Zas sebelumnya mengatakan bahwa situasi di wilayah utara Afghanistan memburuk, dan merupakan penyebab keprihatinan serius organisasi tersebut.

Menurut Zas, sangat penting untuk memberikan bantuan kepada Tajikistan dalam memastikan keamanan perbatasan selatan.

Pada 1 Juli, Dewan Majelis Parlemen CSTO mengeluarkan pernyataan yang menyatakan keprihatinan tentang situasi di Afghanistan, dan mendesak semua kekuatan politik di negara itu untuk memfasilitasi proses perdamaian.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini