Apa Itu Nilai Tukar?

Apa Itu Nilai Tukar? Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Nilai tukar adalah nilai tukar antar dua negara yang disepakati penduduk kedua negara untuk saling melakukan perdagangan. Ada dua jenis nilai tukar yang dipakai yaitu Kurs Nominal dan Kurs Riil.

Kurs nominal adalah nilai yang digunakan seseorang saat menukar mata uang sutau negara dengan mata uang negara lain. Sementara kurs riil adalah nilai tukar yang digunakan seseorang saat menukarkan barang dan jasa suatu negara dengan barang dan jasa negara lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Nilai Pasar?

Misalnya, jika kurs antara dolar AS dan Rupiah Indonesia sebesar Rp14.500, maka 1 dolar bernilai Rp14.500. Ketika kita meginginkan 20 dolar maka harus membayar Rp290.000.

Mata uang untuk perjalanan internasional dan pembayaran lintas batas sebagian besar dibeli dari bank, perantara valuta asing, dan sejenisnya. Terkadang suatu negara akan mematok mata uangnya dengan mata uang negara lain. Misalnya, dolar Hong Kong dipatok ke dolar AS dalam kisaran 7,75 hingga 7,85,2 Ini berarti nilai dolar Hong Kong terhadap dolar AS akan tetap berada dalam kisaran ini.

Ketidakstabilan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar dari waktu ke waktu menyebabkan ketidakstabilan harga saham. Kondisi ini cenderung menimbulkan keragu-raguan bagi investor, sehingga kinerja bursa efek menjadi menurun. Hal ini dapat dilihat dari harga sekuritas atau harga saham yang sedang terjadi, baik indeks harga saham sektoral maupun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Nilai tukar yang berdasarkan pada kekuatan pasar akan selalu berubah disetiap kali nilai-nilai salah satu dari dua komponen mata uang berubah. Sebuah mata uang akan cenderung menjadi lebih berharga bila permintaan menjadi lebih besar dari pasokan yang tersedia. nilai akan menjadi berkurang bila permintaan kurang dari suplai yang tersedia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini