Latihan Militer di Lokasi Sampah Roket, Apa Tujuan China?

Latihan Militer di Lokasi Sampah Roket, Apa Tujuan China? Kredit Foto: Wikimedia Commons/Tyg728

China menggelar latihan militer besar-besaran di lokasi tempat jatuhnya sampah roket di Laut Kuning, mulai Jumat (9/7/2021) pagi.

Latihan yang akan berlangsung hingga Selasa sore pekan depan itu berlokasi di wilayah perairan yang terentang dari Kota Rongcheng diProvinsi Shandong hingga Kota Lianyungang di Provinsi Jiangsu. Badan Keamanan Laut (Bakamla) Qingdao, Provinsi Shandong dalam surat pemberitahuan mengatakan demi keamanan bersama, kapal lain tidak diizinkan melintasi wilayah perairan itu.

Baca Juga: Mengkhawatirkan, China Bawa Pulang Ratusan Warganya dari Afghanistan

Namun, surat tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut perihal aktivitas militer di sana. Pengumuman yang sama juga dikeluarkan oleh Bakamla Lianyungang sejak Selasa (6/7/2021) lalu, namun ditarik lagi pada hari yang sama.

Pada Senin lalu, surat pemberitahuan pembatasan pelayaran yang dikeluarkan Bakamla Lianyungang menyebutkan puing-puing roket diperkirakan jatuh di perairan Laut Kuning pada Jumat antara pukul 12.00 dan 24.00 waktu setempat. Berdasarkan perkiraan tersebut, Bakamla setempat tidak mengizinkan kapal-kapal sipil melintasi wilayah itu.

Sayangnya, tidak diketahui secara pasti apakah latihan militer tersebut berkaitan dengan jatuhnya sampah-sampah roket atau tidak. Laut Kuning memisahkan daratan China dengan Semenanjung Korea yang luasnya mencapai 146.719 mil persegi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini