Manfaat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor bagi Perekonomian

Manfaat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor bagi Perekonomian Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Saat ini Dunia kewalahan dalam menghadapi situasi yang sulit pandemi Covid-19. Banyak sektor yang berpengaruh terhadap laju pandemi yang kian bergejolak dan salah satunya sektor ekonomi. Pemerintah berusaha merangkai kebijakan-kebijakan untuk membantu wirausahawan agar bangkit, salah satunya dengan mengeluarkan KITE.

Fasilitas tersebut salah satu usaha pemerintah untuk meringankan beban pengusaha berkaitan dengan pembayaran cukai. Dengan KITE tersebut, pengusaha mendapat keringanan terhadap bea masuk ketika akan mengekspor barang mereka. Tentunya untuk mendapatkan keringan tersebut, perusahan harus memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Baca Juga: Sektor Industri Dominasi Ekspor Indonesia di Bulan Mei

Manfaat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor

Nah bagi para pengusaha, berikut adalah manfaat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Dengan panduan ini pengusaha mempunyai harapan dalam menentukan langkah kedepannya seperti apa. Jika perusahaan merupakan bergerak pada golongan manufaktur dengan bukti yang valid, seperti sudah memiliki NIPER dan bukti kepemilikan.

Pengembalian Bea Masuk

Program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) memberikan keringan pajak PPN dan PPnBM menjadi terutang dipungut. Bea masuk tersebut nanti bisa dikembalikan lagi. Karena KITE diberlakukan bagi pemilik usaha yang membutuhkan bahan baku dari luar negeri. Yang mana nanti akan diolah kembali dan dikirim lagi ke luar negeri kembali.

Manfaat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor tersebut mampu menghasilkan rasio ekspor terhadap nilai impor sekitar dua koma empat persen. Artinya adalah barang impor senilai satu dollar akan menghasilkan produk ekspor senilai dua koma empat dollar. Hal tersebut memberi manfaat rasio yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian yaitu terhadap penerimaan pajak, investasi dan juga lainnya.

Menekan Biaya Cash Flow

Manfaat KITE juga bisa menekan biaya cash flow dari perusahaan. Jadi pengusaha tinggal fokus mulai dari bahan pengemas hingga pengolahannya saja. Untuk biaya pajaknya bisa ditekan. Kebijakan itu benar-benar membantu perusahaan untuk bergerak saat sedang sulit ini. Kebijakan KITE ini membawa angin segar untuk menekan biaya dan dapat digunakan untuk mengembangkan pemasaran produk mereka.

Kemampuan Ekspor Nasional Menjadi Meningkat

Manfaat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor dapat membantu kegiatan ekspor impor. Memang benar adanya situasi pandemi ini membuat kesusahan dalam memjual dan menghemabngakan bisnis. Dengan penerapan aturan penangan pandemic pastinya pendistribusian menjadi tersendat. Beberapa peraturan yang diberlakukan negara juga mempengaruhi laju penjualan dan pendistribusian barang.

Pun jika barang ekspor bisa masuk tentunya ada syarat tambahan yang pastinya juga membutuhkan biaya tambahan lagi. Oleh karenanya manfaat (KITE) sangat dirasa membantu perusahaan untuk dapat bertahan. Pengurangan biaya tersebut dapat digunakan untuk menutup biaya operasional lainnya yang tentunya tidak sedikit pula.

Manfaat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) juga mampu membuka minat investasi juga, karena investor juga menjadi tertarik dengan pengurangan biaya operasional. Semakin banyak investor yang berminat untuk investasi, tentunya juga akan semakin banyak juga peluang lapangan pekerjaan. Nilai ekonomi yang seperti inilah yang mampu membuat perekonomian tumbuh secara alami.

Membantu Laju Pertumbuhan Perekonomian

Manfaat KITE ini juga membantu laju pertumbuhan perekonomian nasional. Yang mana terdapat sembilan puluh ;lima ribuan jaringan usaha yang sedang berkemabng di Indonesia saat ini. Dengan fasilitas KITE tentunya dapat mengurangi biaya operasional pengusaha kecil yang tentunya minim dalam dana.

Semoga Manfaat Kemudahan Impor Tujuan Ekspor dapat memberi cahaya bagi pengusaha untuk bisa tetap beroperasional. Karena tentunya hal tersebut juga berpengaruh pada hidup ribuan karyawannya juga. Semoga kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah dapat membantu masyarakatnya di tengah situasi perekonomian sulit ini. Jangan lupa juga berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar semua lancar dan aman.

Salah satu perusahaan pengekspor produk dalam negeri khusus sarung tangan golf, atau pabrik sarung tangan golf, (golf gloves manufacturer) dan pabrik karung leno (leno mesh bag manufacturer) adalah perusahaan yang membantu meningkatkan lapangan pekerjaan di Indonesia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini