Tol Laut Jokowi Maksimalkan Distribusi Persiapan PON XX di Papua

Tol Laut Jokowi Maksimalkan Distribusi Persiapan PON XX di Papua Kredit Foto: Istimewa

Menuju perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional ke-20, di Papua pada Oktober mendatang, Pemda Papua terus mengoptimalkan peran Tol Laut yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengintensifkan distribusi barang barang untuk persiapan PON XX tersebut.

Upaya persiapan ini mengemuka dalam Rapat evaluasi dan koordinasi yang dilakukan selama beberapa hari .

Tol Laut yang digagas Presiden Jokowi menjadi perhatian khusus oleh Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor KSOP Kelas II Jayapura untuk PON ke-20 tersebut.  Baca Juga: Kominfo Jamin Akses Komunikasi Berkualitas pada Ajang PON XX Papua

Taher Laitupa selaku Kepala KSOP Kelas II Jayapura menegaskan pihaknya terus melakukan koordinasi Penyelenggaran Angkutan Barang di Laut (Tol Laut) Trayek T-19. 

Hal ini dilakukan guna memaksimalkan peranan Tol Laut dalam ajang olahraga terbesar nasional mendatang. Baca Juga: Mei, Arus Peti Kemas Pelindo I Tumbuh 7,72%

Taher mengatakan permintaan masyarakat di Papua terus meningkat sehingga kinerja Tol Laut terus dimaksimalkan.

“Saat ini tingkat kebutuhan masyarakat menggunakan Tol Laut begitu tinggi dan juga untuk penyelenggaran even nasional PON XX Papua di kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika,” kata Taher, dalam keterangannya, Jumat (9/7/2021).

"Nantinya Tol Laut akan memegang peranan penting dalam hal distribusi akomodasi keperluan PON baik untuk para atlet maupun panitia," ujarnya.

Taher mengungkapkan, hal ini akan dijadikan momentum untuk mendongkrak potensi daerah dalam memproduksi komoditi-komoditi unggulan yang nantinya akan didistribusikan melalui Tol Laut. 

“Sehingga para pelaku usaha ini dapat terus terpacu untuk meningkatkan hasil produksinya karena sudah memiliki pasar dan jalur distribusi yang teratur," imbuhnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini