Pemakai Toilet di Sini Malah Dibayar, Lumayan Bisa buat Ngopi

Pemakai Toilet di Sini Malah Dibayar, Lumayan Bisa buat Ngopi Kredit Foto: Toto

Terobosan penting terjadi di sebuah universitas di Korea Selatan, yakni pemakai toilet disediakan secangkir kopi atau sebuah pisang.

Fasilitas itu sebagai kompensasi para pemakai toilet karena telah menyumbang bahan bakar yang memanfaatkan limbah kotoran manusia. Temuan itu berdasarkan riset dari tim Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST).

Cho Jae-weon, seorang profesor teknik lingkungan dan perkotaan di UNIST, berhasil merancang toilet ramah lingkungan yang terhubung dengan laboratorium yang mengubah limbah manusia menjadi biogas dan pupuk.

Toilet bernama BeeVi dari kata "bee" dan "vision" menggunakan pompa vakum untuk mengalirkan tinja ke tangki bawah tanah sehingga mengurangi pemakaian air. Di sana, mikroorganisme mengurai limbah itu menjadi gas metana yang menjadi sumber energi bagi kompor atau pemanas air.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini