Anies Baswedan Bocorkan Rahasia Besar, Ternyata Bikin Syok!

Anies Baswedan Bocorkan Rahasia Besar, Ternyata Bikin Syok! Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Anies Baswedan membocorkan sebuah rahasia besar. Dia mengungkap separuh Warga Jakarta pernah terpapar covid-19.

Lantas apa dampaknya bagi masyarakat? Rahasia ini bukan kaleng-kaleng. Ada basis surveinya. Temuan itu adalah survei penelitian serologi covid-19 yang dilakukan Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

Survei itu dilakukan pada bulan Maret 2021 dengan melibatkan ribuan warga DKI Jakarta untuk mengetahui prevalensi antibodi positif covid-19.

Baca Juga: Buzzer Politik Suka Ngerong-rong Anies Baswedan: Jika Tak Suka, Bawa ke Ranah Hukum

Menurut Anies dengan adanya hasil itu, tidak ada cara lain bagi warga Jakarta untuk mendorong vaksinasi covid-19 agar mendapat kekebalan.

"Jadi kita akan teruskan kegiatan vaksinasi ini yang sekarang ini. Saya cek data terbaru, bahwa kita sudah memvaksin 5,4 juta," ucapnya.

Anies mendambahkan, hasil survei penelitian serologi covid-19 ini juga telah diberikan kepada Kementerian Kesehatan. Tujuannya adalah menjadi bahan rujukan dalam menentukan langkah kedepan di tingkat nasional.

"Hasil ini sudah saya teruskan kepada Menkes. Saya teruskan juga kepada ketua pelaksanaan PPKM Darurat untuk bisa menjadi bahan bagi mereka dalam melihat perspektif nasional," ujarnya.

Anies mengungkapkan, berdasarkan hasil survei tersebut diketahui bahwa 44,5 persen warga DKI pernah terinfeksi covid-19. Jumlah itu kemudian meningkat pada Juni 2021 menjadi 49,2 persen.

"Artinya separuh dari penduduk di Jakarta sudah memiliki eksposur. Mudah-mudahan mendapat kekebalan," harap Anies saat konfrensi pers secara daring, Sabtu 10 Juli 2021.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini