Enggak Tega, 205 Balita di Bangka Positif Covid-19

Enggak Tega, 205 Balita di Bangka Positif Covid-19 Kredit Foto: WE

Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 205 balita atau anak di bawah lima tahun di daerah itu terinfeksi Covid-19 akibat kontak erat dengan pasien. 

“Balita yang diketahui positif umumnya kontak erat dengan orang tuanya atau anggota keluarga yang terlebih dahulu positif Covid-19," jelas Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra, di Sungailiat, Bangka, Minggu (11/7/2021), seperti dikutip Antara.

Dari hasil dari penelusuran, pelacakan dan pengujian, terdapat 21 bayi usia di bawah empat tahun yang terpapar. Kemudian, terdapat satu balita positif usia 1,5 tahun, asal Kecamatan Sungailiat, meninggal dunia.

"Balita maupun bayi yang positif Covid-19 langsung mendapat perawatan kesehatan secara intensif dari tim medis. Sampai sekarang masih terdapat sejumlah balita yang menjalani pemulihan kesehatan," jelasnya. Baca Juga: Jemput Bola, Anies Kejar Target 8,8 Juta Vaksinasi di Jakarta

Atas banyaknya kasus ini, Boy mengingatkan seluruh masyarakat, terutama keluarga yang memiliki balita atau bayi, agar benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, sebaran kasus Covid-19 sudah merata di jenjang semua umur.

"Disiplin menerapkan prokes merupakan langkah tepat untuk mencegah penyebaran virus Corona, mengingat kasus sebarannya sudah masuk ke semua jenjang usia," ujarnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini