Sebut Solidaritas, Tabung-tabung Oksigen dari Singapura Tiba Lagi Pekan Depan

Sebut Solidaritas, Tabung-tabung Oksigen dari Singapura Tiba Lagi Pekan Depan Kredit Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah

Bantuan tabung oksigen dan konsentrator oksigen dari Singapura dijadwalkan kembali tiba di Indonesia pekan depan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan, jika sesuai rencana maka bantuan dari negara tetangga itu akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu (14/7/2021).

Bantuan oksigen dan peralatan medis gelombang pertama dari Singapura dan Australia sudah tiba lebih dulu pada Jumat (9/7/2021). 

Baca Juga: Sandiaga Bilang Kemenparekraf Ikut Bantu Distribusikan Tabung Oksigen

"Apresiasi kami atas dukungan kerja sama yang diberikan oleh Singapura dan Australia. Solidaritas, kolaborasi, dan kerja sama adalah kunci, agar dunia dapat segera lepas dari pandemi ini secara bersama," kata Menlu saat menerima pengiriman dosis vaksin Moderna dan Amerika Serikat, Minggu(11/7/2021). 

Menlu menegaskan bahwa kesehatan dan keselamatan rakyat menjadi prioritas pemerintah. Indonesia, ujarnya, juga kembali mendapat tawaran dukungan kebutuhan medis seperti ventilator, oksigen, konsentrator, dan obat-obatan. 

"Antara lain Jepang akan mengirimkan tahap kedua vaksin Astrazeneca. Tawaran serupa datang dari Belanda, Inggris, Australia, dan UEA untuk dose sharing yang kedua," kata Retno. 

Pemerintah, kata Retno, akan memastikan ketersediaan dosis vaksin untuk seluruh target sasaran vaksinasi yakni 181,5 juta penduduk Indonesia. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini